10 social media structures – Part 1
Perkembangan social media membuat kita untuk lebih mengenal social media agar kita dapat melakukan interaksi social di internet atau bahkan kita dapat menggunakan social media untuk melakukan promosi produk / jasa
Artikel ini memperkenalkan 10 struktur media social yang dapat memandu strategi media sosial Anda untuk melibatkan pengguna media sosial, termasuk pencarian, profil, pesan / obrolan, komentar, koneksi ke grup / orang, seperti / peringkat, bagikan, tautan, iklan, dan katalog konten.
1) Search
Pencarian adalah salah satu struktur media sosial yang paling umum digunakan. Itu memungkinkan audiens Anda untuk menemukan informasi pilihan dengan cepat dan mudah dengan memasukkan kata-kata kunci dan memilih dari daftar pencarian. Saat ini, 92% orang dewasa daring menggunakan pencarian mesin, dan hampir 100% dari situs jejaring sosial menyediakan fitur pencarian Pemeringkatan hasil pencarian sangat mempengaruhi apakah audiens Anda dapat menemukan konten media sosial Anda. Itu
mengapa Anda perlu memanfaatkan fitur pencarian untuk memastikan optimisasi mesin pencari
2) User profiles
Profil pengguna adalah karakter struktural unik yang ditawarkan oleh sebagian besar situs media sosial. Lebih lanjut dari 95% situs media sosial memungkinkan pengguna untuk membuat profil pribadi mereka . Sebuah profil mencakup informasi pribadi seperti usia, status perkawinan, gambar, dan minat. Sebagai contoh pada situs jejaring sosial facebook, pengguna dapat mengunggah gambar mereka, berbagi informasi pribadi (ulang tahun, status perkawinan, dll.), kontak (nomor telepon, alamat email, halaman web, ID IM, alamat rumah, dll.), minat (buku favorit, film, musik, acara TV), serta nilai-nilai dan kepercayaan (afiliasi politik, kutipan favorit). Twitter memberikan profil yang jauh lebih sederhana itu memiliki pengguna yang memperkenalkan diri dalam 140 karakter. Situs media sosial niche lainnya, seperti Gaia, memungkinkan pengguna kemampuan untuk menyesuaikan profil dengan membuat avatar yang mewakili diri mereka sendiri dalam berbagai cara, termasuk warna kulit, gaya rambut, ras (mis. manusia, vampir, elf), dan pakaian. Personifikasi online sering kali merupakan langkah pertama dalam penggunaan media sosial. Memungkinkan audiens Anda untuk
membuat profil unik mengarah ke lebih banyak komunikasi yang berpusat pada pengguna dan dapat menjadi alat yang efektif untuk menjadikan situs Anda bagian dari rutinitas harian audiens Anda.
3) Messaging/chat
Pesan / obrolan adalah struktur media sosial penting yang menyoroti sosial, partisipatif
dan fitur sinkron dari media sosial. Lebih dari 90% situs media sosial menyediakan
fungsi obrolan dan memungkinkan orang untuk mengirim pesan pribadi dan membuat komentar public. Struktur ini memberi Anda peluang besar untuk mengembangkan percakapan satu lawan satu, menggabungkan mekanisme umpan balik langsung, dan memungkinkan konsumen Anda untuk mengekspresikannya pendapat secara bebas.
Facebook adalah contoh yang bagus dari platform media sosial dengan berbagai struktur pesan / obrolan. Banyak pengguna Facebook yang berat dapat masuk ke Facebook setiap pagi dan tetap aktif sepanjang hari, menggunakan situs sebagai kebisingan latar belakang. Sementara ada komponen yang menarik untuk desain Facebook, sebagian besar konten bersifat asinkron, memungkinkan pengguna untuk menangkap di setiap titik sepanjang hari. Fitur obrolan yang lebih sinkron meminta pengguna untuk tetap pantau tanpa henti kalau-kalau ada yang perlu menghubungi mereka. Struktur seperti itu membuat Facebook kombinasi dari komunikasi massal dan komunikasi interpersonal, dan menciptakan ruang untuk pengalaman berbagi yang sinkron, dan menunjukkan perspektif sosial yang unik disediakan oleh media sosial.
REFERENSI
Strategic Social Media: From Marketing to Social Change, First Edition. L. Meghan Mahoney and Tang Tang. John Wiley & Sons, 2017