School of Information Systems

Social Media Marketing Plan

Dengan perkembangan bisnis digital saat ini, social media menjadi sesuatu yang tidak lepas dari kehidupan kita. Hampir semua orang punya dan mengakses social media. Tentu bagi orang – orang, mengatur social media sendiri tentu menjadi hal yang tidak masalah, namun apa yang jadinya jika kita ingin mengatur social media suatu perusahaan atau usaha. Social media suatu perusahaan / usaha sangat penting untuk membangun relasi dengan pelanggan, memberikan informasi seputar perusahaan / usaha dan juga membangun brand / image dari perusahaan / usaha.

Selain itu menurut bufferdotcom, terdapat 9 keuntungan dalam menggunakan social media diantaranya :

  • Meningkatkan kesadaran tentang brand
  • Mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda
  • Hasilkan prospek baru
  • Tingkatkan pendapatan (dengan meningkatkan pendaftaran atau penjualan)
  • Meningkatkan hubungan customer dengan perusahaan / usaha
  • Bangun komunitas di sekitar bisnis Anda
  • Menyediakan layanan pelanggan sosial
  • Meningkatkan sebutan tentang perusahaan / usaha di masyarakat
  • Mengetahui tentang apa yang dibincangkan orang mengenai merek Anda

Lalu bagaimana kita mengatur agar social media yang dibuat dapat membantu kita mempromosikan perusahaan / usaha. Sebelum kita membuat perencanaan untuk social media, kita harus mengetahui benar perusahaan / produk yang akan kita buatkan. Menurut bufferdotcom, ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu kita untuk mengetahui social media yang tepat untuk usaha / perusahaan diantaranya :

  • Mengapa Anda ingin berada di media sosial?
  • Siapa target audiens Anda?
  • Apa yang akan Anda bagikan?
  • Kemana anda akan membagikan?
  • Kapan anda akan membagikan ?

Setelah kita mengenal usaha / perusahaan secara lebih mendalam, lalu bagaimana kita melakukan eksekusi untuk perencanaan social media? Menurut hotsuitedotcom, ada 8 langkah mudah untuk membuat social media marketing plan di antaranya :

  1. Pilih tujuan pemasaran media sosial yang selaras dengan tujuan bisnis
  2. Pelajari semua yang Anda bisa tentang audiens Anda
  3. Ketahui pesaing Anda
  4. Lakukan audit media sosial
  5. Siapkan akun dan tingkatkan profil
  6. Temukan inspirasi
  7. Buat kalender konten media sosial
  8. Evaluasi dan sesuaikan strategi Anda

Selain itu pengunaan beberapa tools yang digunakan untuk menjadwalkan posting secara otomatis di social media juga bisa menjad alternatif solusi agar social media perusahaan / usaha melakukan update social medis secara rutin. Dengan update social media secara rutin, pelanggan akan merasa kalau perusahaan / usaha tersebut berusaha untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan / customer.

Referensi :

https://buffer.com/library/social-media-marketing-strategy/
https://blog.hootsuite.com/how-to-create-a-social-media-marketing-plan/

Ferdianto, S.Kom, M.MSI