School of Information Systems

Mass Market

Mass Market adalah pasar yang luas atau target pasar yang memang untuk masyarakat luas namun tetap sesuai segmen yang telah di targetkan sebelumnnya. Mass market bisa di katakan juga sebagai komunitas yang sangat besar yang mempunyai potesi pasar yang sangat besar pula. Mass market sangatlah berbeda dengan ceruk pasar (niche market) dimana pemasaran massal sendiri tidak membedakan latar belakang atau kebutuhan khusus dari calon konsumen.

Kata lain, melayani konsumen dengan satu keinginan dan harapan.Pemasaran massal yang mencakup skala besar market yang membuat pengusaha ikut andil di dalamnya. Bahkan, pemasaran massal ini lebih dulu diterapkan pada bisnis sebelum menerapkan target niche market. Oleh karena itu banyak perusahaan berlomba-lomba, bersaing dan berkompetisi untuk berebut dalam mass market tersebut.

Produk yang di pasarkan dalam mass market biasanya bersifat umum atau masal, karena sasarannya pun lebih umum. Bisa dikatakan bahwa Mass Market ini tingkat persaingannya sangat tinggi, sehingga banyak perusahaan yang terus berinovasi dan berusaha menjadi market leader. Contohnya perusahaan-perusahaan besar seperti Yamaha dan Honda berlomba-lomba berebut pasar anak muda untuk penjualan motornya, inovasipun terus dilakukan demi memenangkan persaingan market tersebut.

Contoh nyata lainnnya yaitu Perusahaan Indofood dengan produknya Indomie yang tidak membeda-bedakan latar belakang ataupun target marketnya. Harga yang cukup terjangkau bagi kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas dapat membeli produk ini. Selain pada produk makanan dan minuman terdapat beberapa sektor lainnya seperti elektronik, otomotif, perabot rumah tangga dan lain-lainya.

Karena pasar yang besar tentu harus menghasilkan produk yang banyak pula, sehingga perusahaan pada mass market akan lebih memilih untuk menggunakan bantuan mesin dalam memproduksi produknya karena cakupan penjualannya akan besar seperti indofood memasarkan targeet marketnya hingga luar negeri.

Kelebihan dari Produksi massal pada mass market:

  • Laju produksi nya cepat karena mesin memiliki tingkat otomatisasi yang tinggi. Selain itu barang juga diproduksi secara efisien dan kecepatan yang meningkat sehingga barang dipasarkan lebih cepat dan menghasilkan keuntungan sehat dalam waktu singkat.
  • Sedikitnya pengeluaran per unit karena biaya individu yang rendah karena menggunakan alat otomatis dan peralatan yang efisien.
  • Banyak barang yang diproduksi dan semuanya adalah barang standar. Lalu akan menghasilkan akurasi tinggi. Barang lalu menerima otomatisasi tingkat tertinggi.
  • Selain itu kurangnya biaya tenaga kerja yang dibutuhkan sehingga akurasi lebih tinggi.

Kekurangan dari Produksi massal pada mass market:

  • Lebih banyak biaya untuk bahan baku untuk tingkat produksi yang lebih cepat.
  • Kurang beragamnya hasil produksi karena kesamaan adalah ciri produksi massal.
  • Sumber daya terbuang jika ada yang salah dengan desain produk.
  • Tidak ada jaminan karena konsumsi massa penting untuk menentukan tingkat keberhasilan produksi massal.

REFERENCES:
https://inamarwantina.wordpress.com/2011/07/07/mass-market/#:~:text=Adalah%20pasar%20yang%20luas%20atau,dengan%20apa%20yang%20mereka%20tawarkan.
https://www.masbisma.com/2020/05/pengertian-dari-mass-market-pada-bisnis.html

Melvin Chandra, Ferdianto