KRITERIA UNTUK SITUS WEB BISNIS YANG EFEKTIF
Web perusahaan berfungsi sebagai pintu masuk ke bisnis dan merupakan kesan pertama pelanggan potensial tentang layanan, produk, dan alasan keberadaan perusahaan. Oleh karenanya mempromosikan perusahaan dengan baik sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Untuk memaksimalkan efektivitas situs web Anda, sedikitnya 6 kriteria berikut harus ada. 1). Desain Bersih, Profesional, Branding. Pngunjung akan membentuk opini tentang bisnis dalam beberapa detik. Situs harus bersih, profesional, dan menyampaikan merek atau gambar perusahaan. Navigasi harus memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan satu atau dua klik. Dan, apa yang dilakukan bisnis harus mudah dilihat dalam beberapa detik. 2). Konten yang disajikan harus baik dan langsung berbicara ke target pengunjung web. Meskipun desain yang baik itu penting, konten di situs sangat penting. Konten ini harus mampu berbicara langsung dengan target pengunjung web, ditulis dengan profesional, namun mampu berkomunikasi dan harus memberi kesan tentang perusahaan. Jika penulisan konten terlalu “korporat”, tentu akan berisiko kehilangan minat pengunjung web. Umumnya web bisnis mempunyai beberapa konten berikut untuk memberikan informasi tentang layanan dan produk yang mereka tawarkan: Tentang Kami / Siapa Kami, informasi produk, Informasi Layanan, Galeri foto, Portofolio Pekerjaan / Proyek, Studi kasus, Penghargaan & Pengakuan, Informasi Ketenagakerjaan, Direktori Karyawan, Fitur & Manfaat, Info Garansi & Pengembalian Kebijakan, Halaman Informasi, File Video (Demo, Info, dll.), Basis data, Tanya Jawab, Berita, Artikel / Formulir / Dokumen, Afiliasi / Mitra, Rahasia pribadi, Pelayanan pelanggan, Acara Mendatang, Tautan / Sumber Daya, Testimoni Pelanggan, Hubungi Kami Info, Permintaan Info / Layanan / Formulir Kutipan, Info & Pendaftaran E-buletin, Formulir pemesanan, Aplikasi Keanggotaan, Tombol Beli Sekarang (E-commerce Sederhana), Daftar Belanja (E-commerce lanjutan), Hanya Anggota / Area Dilindungi Kata Sandi. 3). Mendidik. Jangan jual. Salah satu tujuan utama situs web adalah untuk mengedukasi pengunjung, bukan menjualnya. Pengunjung telah datang dengan kebutuhan atau keinginan. Mereka tidak ingin dijual. Web perlu mendidik mereka dalam membuat keputusan dan ingin tahu tentang pilihan mereka dan bagaimana produk atau layanan yang ditawarkan akan memberikan solusi untuk masalah mereka. Membuat konten situs web dengan fokus mendidik pengunjung akan membuatnya lebih mudah untuk mengalihkan fokus dari bisnis ke pelanggan potensial karena mereka tahu untungnya. Jenis alat yang dapat digunakan secara efektif untuk mengedukasi adalah: eBook, mengatasi masalah yang dihadapi, video atau vodcast, info cara pemakaian, wawancara, studi kKasus, iInformasi berbasis penelitian, posting biasa dengan Informasi berguna dan relevan, memamerkan pelanggan bagaimana produk atau layanan membantu mereka, email newsletter, artikel bulanan, info cara kerja. 4). Konten Mudah Dibagikan dan Mudah Berlangganan. Semakin mudah membuat orang-orang membagikan konten dan berlangganan, semakin besar kemungkinan target pasar, karena mereka berpeluang untuk membaginya dalam jaringan mereka (banyak dari mereka yang memiliki demografi, kebutuhan & keinginan serupa) dan diekspos ke perusahaan Anda pada secara berkelanjutan. Menambahkan tombol “Suka” Facebook, atau kemampuan “Bagikan Ini” (http://sharethis.com/), tombol RSS & kemampuan berlangganan email blog ke artikel, posting, studi kasus, dll, akan memudahkan pengunjung untuk membagi informasi produk dan layanan perusahaan kepada orang lain. 5). Tempatkan Panggilan untuk Tindakan di Setiap Halaman. Sangat penting untuk melakukan panggilan untuk bertindak pada setiap halaman situs web sehingga prospek dapat dengan mudah mengambil langkah berikutnya (mengisi formulir “Minta Penawaran”, klik tombol “Beli Sekarang”, daftar untuk akun bulanan Anda -newsetin, dll.) setelah mereka menentukan bisnis cocok untuk mereka dan dapat menyelesaikan masalah mereka. Idealnya, ajakan untuk bertindak harus ditempatkan di akhir teks pada setiap halaman web dan di sisi kanan atas setiap halaman. Semakin menonjol tombol ajakan untuk bertindak, semakin besar kemungkinan pengunjung mengkliknya. 6). Optimalkan Mesin Pencari pada setiap halaman. Saat mencari produk atau layanan, pelanggan menggunakan mesin pencari di atas segalanya untuk melakukan pencarian. Untuk alasan ini, setiap halaman situs web harus dioptimalkan dan diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan mesin pencari untuk menangkap informasi.