Mengenal Aspek Aspek User Journey
Mengenal Aspek Aspek User Journey
Dalam membuat sebuah perancangan UI, tentunya kita harus melakukan riset terlebih dahulu tentang target pengguna yang akan menggunakan aplikasi yang akan dibuat nantinya. Salah satu hal yang berkaitan dengan perancangan UI yang perlu dibuat yaitu user journey. User journey merupakan sebuah rangkaian scenario yang kemungkinan dialami atau ditemui oleh user pada saat menggunaka aplikasi produk atau layanan. Berikut adalah aspek – aspek yang biasa ditemui pada user journey :
- Stages Of Journey
Tahap – tahap general yang biasanya berisi motivasi user menggunakan aplikasi, kegiatan interaksi user terhadap fitur – fitur dalam aplikasi hingga tahap final dimana user menyelesaikan transaksi melalui aplikasi.
- Activities
Merupakan tahap yang menjelaskan tentang aktivitas apa saja yang dapat dilakukan user melalui fitur fitur yang telah disediakan pada aplikasi tersebut seperti memblihat detail info, melakukan pemesanan, dan lain sebagainya.
- Internal Process
Merupakan bentuk keterangan lebih lanjut mengenai aktivitas apa saja yang dilakukan oleh user yang sudah ditentukan pada bagan kolom activities.
- Feelings
Merupakan perasaan yang muncul selama user menggunakan aplikasi tersebut, biasanya terdiri dari 3 jenis perasaan yang umum yaitu :
- Very Happy
Menandakan bahwa user sangat puas dalam menggunakan fitur yang telah disediakan oleh aplikasi tersebut
- Overall Satisfied
Menandakan bahwa user cukup memahami dan menyukai fitur fitur yang ditawarkan oleh aplikasi dan penggunaannya sudah cukup baik
- Unhappy
Menandakan bahwa pengguna tidak puas dengan fitur yang telah diberikan artinya tidak memenuhi ekspektasi user selama melakukan transaksi atau activities pada aplikasi
- Experiences
Pengalaman yang dirasakan user yaitu bagian dari penggabungan antara activities dengan feelings yang didapat user yang dimana pada menjadi alasan mengapa user merasa puas/ cukup puas/ tidak puas dalam menggunakan fitur – fitur yang tersedia
Misal : Pada saat customer mencari detail barang customer merasa tidak senang (unhappy) karena customer tidak menemukan detail dari setiap barang yang dijual pada aplikasi tersebut, alasan inilah yang menjadi experience dari pengguna dalam penggunaan aplikasi tersebut.
- Improvements and key learnings
Merupakan bagian pengembangan yang diharapkan oleh user jika user nmerasa masih ada kekurangan yang didapatkan dari fitur – fitur aplikasi yang sudah disediakan
Maka dari itu, ada baiknya dalam membuat user journey, perancang harus meihat setiap aspeknya dengan baik karena setiap aspek harus berkesinambungan satu sama lain.