School of Information Systems

Kekurangan dan Kelebihan Social Media Marketing

Kekurangan dan Kelebihan Social Media Marketing

Di era modern ini tidak sedikit orang yang aktif dalam menggunakan social media diberbagai kalangan. Social media juga merupakan salah satu pendukung penyebarang informasi yang paling cepat dan tidka jarang orang – orang menggunakan social media sebagai salah satu sarana untuk memasarkan produk dan jasa yang mereka tawarkan. Namun dalam penggunaan social media marketing tentu ada kelebihan dan kekurangan yang didapatkan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari social media marketing :

Kelebihan social media marketing :

  • Flexible

Cara memasarkan produk di social media terhitung cukup flexible karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja

  • Biaya pengoperasian yang murah

Dalam mengoperasikan social media dan memasarkan produk, para pengguna dan marketing tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar bahkan bisa dilakukan secara gratis, hanya perlu menggunakan kreativitas yang tinggi saja supaya target customer tertarik dengan konten yang diberikan di social media

  • Memiliki Akses yang luas

Dapat diakses dengan jangkauan luas baik nasional maupun internasional, maka dari itu  tidak jarang kita sering mendengarn istilah ‘worldwide shipping’ di social media yang artinya pengiriman internasional dimana pengguna yang memasarkan produk tahu jelas bahwa produknya dapat dilihat orang di luar negeri juga.

  • Cara pengoperasian yang mudah

Cara menggunakan social media tidak dipungkiri pasti sangat familiar bagi banyak orang karena tampilannya yang mudah dan menjadi bagian dari keseharian sebagian besar orang setiap hari mereka menggunakan social media.

Kekurangan social media marketing :

  • Lack Of Trust

Kedua pihak baik customer maupun penjual bisa jadi tidak dapat dipercaya satu sama lain, artinya bisa saja sebagai customer menyangka bahwa iklan tidak sesuai dengan ekspektasi yang akan diterima dan sebagai penjual bisa saja tidak mempercayai keseriusan customer dalam melakukan transaksi melalui social media (kemungkinan penipuan)

  • Kekecewaan ekspektasi produk

Sebagai customer yang bereekspektasi lebih, bisa saja social media marketing ini meningkatkan kekecewaan dari customer yang akhirnya membeli barang secara online, hal ini disebabkan karena customer tidak dapat melihat barang secara langsung dan hanya bergantung informasi dari foto dan review orang – orang lain yang sudah pernah membeli barang di toko tersebut.

  • Sulit mempertahankan reputasi bisnis

Terkait poin yang sebelumnya tentang kekecewaan ekspektasi produk yang diterima customer, hal ini dapat berdampak juga pada reputasi bisnis atau toko tersebut apabila ada customer yang justru memberikan review yang buruk terhadap produk yang dijual sehingga menurunkan nama toko dan menurunkan kualitas produk di mata pelanggan yang lain.

            Maka dari itu penting bagi para pebisnis untuk melakukan social media marketing dengan bijak seperti mencantumkan foto dan review yang real di setiap produk yang dijual, mencantumkan informasi yang jelas dan up to date terhadap barang yang dijual dan membuat perjanjian yang tegas dalam melaksakan transaksi agar lebih aman dan terpercaya.

Cindy