School of Information Systems

Disruptive Innovation Cycle

Disruptive Innovation Cycle

Dunia mengalami perubahan yang konstan dan siklus inovasi menurun dalam waktu seiring kemajuan teknologi. Saat ini, muncul berbagai inovasi, dimulai dengan revolusi industri pertama pada 1780 hingga revolusi industri keempat atau yang disebut transformasi digital atau digital transformation. Semua inovasi perubahan evolusioner utama mempengaruhi ekonomi dan masyarakat.

Menurut Bahasa Inggris, Teknologi merupakan kombinasi dari dua kata: teknik dan teknologi. Menurut Michel Serres dalam Cressman suatu teknik adalah praktik fabrikasi, sedangkan teknologi (dari tekhnè Yunani, teknik, dan logo, wacana atau studi) adalah wacana tentang Teknik.  Disruptive technologies, atau lebih tepatnya teknologi sehari-hari, mengacu pada teknologi jaringan digital yang menggunakan peningkatan kecepatan pemrosesan, data besar, personalisasi, dan analitik untuk mengubah cara yang ada dalam memproduksi, mendistribusikan, dan mengkonsumsi barang dan jasa.

Teknologi bergantung pada level hermeneutik dan level desain. Mengenali bagaimana suatu gagasan teknologi muncul melalui pengembangan konsep seperti inovasi yang mengganggu dapat menjadi titik awal untuk perubahan teknologi (Cressman, 2019). Dalam term disruptive innovation, terdapat dua kata yang harus dipahami terlebih dahulu. “Disruption” dikaitkan dengan atribut yang menghancurkan dan biasanya digunakan dan dibayangkan, sebagai contoh perusahaan kehilangan dominasi pasar. Di sisi lain, “innovation” dikaitkan dengan sesuatu yang menakjubkan, meningkat atau baru. Sehingga disruptive innovation dapat diartikan sebagai sesuatu yang menakjubkan meningkat atau baru yang mengganggu lingkungan yang ada atau bahkan menghancurkan dan membentuk kembali itu (Katrin, Vanessa, Wiebke, & Marc, 2017).

Wheeler merangkum proses disruptive innovation sebagai Disruptive Innovation Cycle. Model ini pada dasarnya menyatakan bahwa kunci keberhasilan bagi organisasi modern adalah sejauh mana organisasi tersebut menggunakan teknologi dan sistem informasi secara tepat waktu dan inovatif. Dimensi vertikal dari Disruptive Innovation Cycle menunjukkan sejauh mana suatu organisasi memperoleh nilai dari teknologi informasi tertentu, dan dimensi horizontal menunjukkan waktu.

  1. Choosing Enabling/Emerging Technologies

Pada grafik diatas, hal pertama yang harus dilakukan organisasi agar berhasil adalah menciptakan pekerjaan, kelompok, dan proses yang semuanya ditujukan untuk memindai lingkungan untuk teknologi baru yang muncul dan memungkinkan yang tampaknya relevan untuk organisasi. Misalnya, suatu organisasi mungkin menunjuk kelompok kecil di dalam departemen IS sebagai “Emerging Technologies” unit dan meminta kelompok tersebut dengan mencari teknologi baru yang akan berdampak pada bisnis. Untuk menjalankan tugasnya, kelompok tersebut meneliti majalah berkaitan dengan teknologi, pergi ke forum teknologi dan sebagainya.

  1. Matching Technologies to Opportunities

Selanjutnya, organisasi mencocokkan teknologi baru yang paling menjanjikan dengan peluang ekonomi saat ini. Misalnya, kelompok emerging technologies mungkin telah mengidentifikasi kemajuan dalam pencetakan 3D sebagai teknologi yang memungkinkan yang membuat pembuatan prototipe menjadi lebih cepat dan lebih murah. Disisi lain, manajer pemasaran perusahaan telah mengakui bahwa pesaing belum merilis model baru baru-baru ini, dan mengurangi waktu siklus pengembangan produk dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dan pangsa pasar.

  1. Executing Business Innovation for Growth

Langkah berikutnya merupakan proses pemilihan – di antara peluang yang saya takuti untuk mengambil keuntungan dari – teknologi yang menggabungkan yang memiliki potensi terbesar untuk mengatasi peluang saat ini. organisasi memutuskan untuk membeli printer 3D yang memungkinkannya membuat prototipe lebih cepat, membantu perusahaan untuk merilis model produk baru dengan interval yang lebih pendek, untuk menarik pelanggan baru

  1. Assessing Value

Langkah terakhir adalah proses menilai nilai dari penggunaan teknologi itu, tidak hanya untuk pelanggan tetapi juga untuk klien internal (perwakilan penjualan, manajer pemasaran, COO, dan sebagainya).

Disruptive Innovation Cycle merekomendasikan 3 cara baru dalam melakukan investasi pada Disruptive Innovation (Valacich & Schneider, 2016):

  • Put technology ahead of strategy

Teknologi sangat penting untuk strategi dan kesuksesan sehingga Anda harus mulai dengan teknologi

  • Put technology ahead of marketing

Mengubah kebijaksanaan konvensional seperti strategi pemasaran juga membutuhkan dukungan dari teknologi dan harus disesuaikan dengan teknologi yang sedang trending

  • Innovation is continuous.

Langkah pertama pada grafik diatas akan terus berulang karena proses penemuan teknologi baru selalu berevolusi dalam bisnis.

Referensi

Cressman, D. (2019). Disruptive Innovation and the Idea of Technology. Novation X-Innovation Re-Inventing Innovation Again and Again, 17 -39.

Katrin, M., Vanessa, J., Wiebke, G., & Marc, S. (2017). DISRUPTIVE INNOVATIONS, THEIR CHARACTERISTICS AND IMPLICATIONS ON ECONOMY AND PEOPLE. New Trends in sustainable Business and Consumption. Graz, Austria: BASIQ.

Valacich, J. S., & Schneider, C. (2016). Information Systems Today: Managing in the Digital World. England: Pearson Education Limited.

Inggried Kurniawan