Step dalam Membuat Content Marketing
Step dalam Membuat Content Marketing
Content Marketing dalam E-Business Strategy merupakan sebuah bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan bentuk membuat sebuah konten, biasanya melalui media social atau email. Content marketing bertujuan untuk memasarkan produk secara lebih dinamis di kalangan masyarakat modern ini karena sudah banyak orang yang lebih memilih untuk melihat iklan secara online dalam bentuk konten digital dibandingkan dengan iklan di surat kabar seperti jaman dahulu.
Step untuk melakukan :
- Plan
Pastikan sebelum membuat sebuah konten untuk pemasaran, content creator harus merencanakan apa hal yang menarik yang dapat dijadikan sebagai topik yang relevan dalam kehidupan sehari hari yang bisa disangkut pautkan dengan produk atau jasa yang ingin dipasarkan serta penting juga untuk memikirkan target pasar yang ditujukan.
contoh :
Kebetulan perusahaan tempat kalian bekerja bergerak di bidang kesehatan, maka dari itu bisa saja kalian memberikan ide berupa konten menjaga kebersihan di tengah pandemic sekaligus mempromosikan produk perusahaan, selain itu juga jika target pasarnua adalah untuk keluarga, bisa juga ditambahkan dalam bentuk promosi pembelian produk secara bundling dengan harga potongan untuk menarik konsumen.
- Create
Setelah melakukan planning, kemudian kita akan mulai menuangkan ide bisnis sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Pada create ini, tampilan dan pemilihan warna juga di butuhkan agar sesuai dengan target pasar dan produk / jasa yang akan dijual.
contoh :
Perusahaan yang menjual produk berupa peralatan ibu dan bayi tentunya akan familiar dengan warna warna konten yang menarik seperti warna warna muda dan pastel. Hindari penggunaan warna gelap terutama hitam karena dapat mengurangi nilai jual konten terhadap calon buyer.
- Distribute
Sesudah membuat konten yang sesuai, kemudian kalian perlu untuk memikirkan bagaimana cara mendistribusikan konten tersebut, platform sosial media yang cocok, kemudian apakah konten kalin cocok untuk aplikasi mobile atau web based yang harus disesuaikan dengan target konsumen perusahaan.
Contoh :
Perusahaan menjual beraneka macam produk baju remaja masa kini, tentunya mengingat banyak remaja yang aktif di sosial media seperti facebook dan instagram, tentunya kedua platform ini dapat dijadikan tempat yang tepat untuk mendistribusikan konten yang kalian buat.
Ketiga step di atas merupakan hal yang mutlak dijalani untuk menjalankan pemasaran produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan customer engagement yang baik kedepannya.