School of Information Systems

Apa itu Persona dan Apa Saja Komponen pada Persona

Apa itu Persona dan Apa Saja Komponen pada Persona

Zaki Izzani Akbar

Pada pembuatan suatu aplikasi atau systems perancang tidak hanya mempehatikan user interface atau tampilan yang menarik saja, namun perlu memperhatikan bagaimana pengalaman yang akan diberikan aplikasi untuk pengguna atau user (user experience). Perancang juga perlu mengetahui siapakah target dari pengguna atau user aplikasi yang dibuat, maka perancang akan membuat sebuah persona.

Persona adalah representasi konkret dari berbagai jenis orang yang dirancang untuk sistem atau layanan yang akan dibangun atau Persona adalah dokumentasi yang berisi penjelasan tentang karakteristik user digabungkan dengan tujuan, kebutuhan dan ketertarikannya yang menjadi target user yang didapatkan dari hasil penelitian tentang user yang sesuai target. Istilah Persona diperkenalkan pertama kali oleh Alan Cooper yang menggunakan persona dalam perancangan interaksi secara praktis untuk menghasilkan produk high-tech.

Tidak ada standar yang disepakati untuk komponen pada personan. Namun, terdapat beberapa minimal komponen yang harus ada pada persona. Berikut ini beberapa minimal komponen pada persona:

  1. Nama

Nama lengkap dari pengguna atau user.

Contoh: Herlang Sucipto, Dewi Sekar Rahayu

  1. Foto

Foto dari pengguna atau user. Menggunakan foto yang formal dari pengguna, tidak menggunakan foto yang non-formal.

  1. Usia

Usia dari pengguna atau user.

  1. Alamat atau lokasi tempat tinggal

Alamat atau lokasi kota tempat tinggal dari pengguna atau user.

Contoh: Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, dll.

  1. Pekerjaan

Pekerjaan yang dimiliki oleh pengguna atau user.

Contoh: Pelajar, dosen, mahasiwa, bartender, penjaga kasir, pekerja kantoran, arsitek, system analyst, koki, dll.

  1. Goals

Goals adalah harapan dari pengguna atau user terhadap aplikasi atau system yang akan dibangun.

Contoh untuk aplikasi pembelian sayur dan buah

  • Membeli sayur dan buah tanpa keluar rumah
  • Dapat membeli sayur sesuai dengan keinginan
  • Dapat membeli sayur dan buah yang memiliki kesegaran yang terjamin.

  1. Gain Point

Gain Point adalah perilaku positif yang dimiliki oleh pengguna atau user

Contoh untuk aplikasi pembelian sayur dan buah

  • Suka memasak
  • Suka mencoba berbagai macam resep dari internet
  • Senang menemukan resep memasak yang baru

  1. Pain Point

Pain Point adalah perilaku negartif yang dimilih oleh pengguna atau user

Contoh untuk aplikasi pembeli sayur dan buah

  • Jadwal yang padat
  • Tidak bisa memilih sayur dan buah yang fresh
  • Tidak bisa keluar rumah atau bepergian

Sumber:

PENGENALAN TENTANG PERSONA

Persona

Zaki Izzani