School of Information Systems

Mengenal Business Plan

a) Pengertian Business Plan

Business Plan merupakan suatu pernyataan tertulis dalam perencanaan bisnis yang berisi maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah bisnis. Adanya Business Plan dapat membantu dalam mencapai tujuan bisnis serta pengambilan keputusan terhadap masalah yang terjadi selama berjalannya bisnis.

b) Template Business Plan

Berikut ini adalah template business plan yang bisa kamu gunakan dalam membuat business plan :

Executive Summary

Menjelaskan secara garis besar tentang tujuan dan sasaran perusahaan dengan singkat. Executive summary harus mencakup poin-poin utama seperti latar belakang, deksirpsi singkat, masalah yang diselesaikan, target pasar, dan proyeksi keuangan ke depannya.

c) Latar Belakang

Menjelaskan tentang landasan berdirinya sebuah ide bisnis. Latar belakang berisi masalah dan solusi untuk masalah tersebut.

Berikut ini adalah urutan dalam menyusun latar belakang :

  • Mengemukakan masalah yang terjadi disertai dengan data pendukung dari sumber terpercaya.
  • Mengemukakan solusi (ide bisnis) dari masalah yang terjadi.
  • Menghubungkan solusi (ide bisnis) dengan masalah yang ada.

Note :

  • Latar belakang tidak boleh dari 2 halaman
  • Menggunakan grafik untuk menunjukkan data pendukung dan mencantumkan sumber (jika data diambil dari internet, buku, jurnal, etc).

d) Deskripsi Produk

Deskripsi produk menjelaskan secara detail mengenai ide bisnis kita seperti fitur, layanan, dan bisnis proses. Untuk menyusun deskripsi ide bisnis yang menarik, harus memperhatikan hal-hal berikut :

  • Tunjukkan mengapa ide bisnis benar-benar diperlukan.
  • Tunjukkan keunikan/ value dari ide bisnis kita (layanan atau fitur).
  • Dapat menggunakan gambar untuk menjelaskan fitur dan bisnis prosesdari ide bisnis kita.
  • Ide bisnis harus di deskripsikan dengan singkat dan jelas.

Berikut ini adalah contoh deskripsi produk yang dijelaskan dengan menggunakan gambar :

e) Visi dan Misi

  • Visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka panjang (what to be?)
  • Misi merupakan cara yang digunakan perusahaan dalam mencapai visi perusahaan. (how to be?)

f) Tujuan dan Manfaat

  • Tujuan : hal-hal yang ingin di capai dari produk yang dibuat (berkaitan dengan masalah yang terjadi)
  • Manfaat : dampak dari tercapainya tujuan.

g) Rencana Produksi dan Operasional

Pada bagian rencana produksi dan operasional, menjelaskan tentang  tahapan atau proses bagaimana bisnis dapat berjalan dengan baik. Bagian ini berisi tentang penjelasan mengenai sistem operasi bisnis kita. Proses tersebut dapat digambarkan dalam bentuk skema atau diagram alur disertai dengan penjelasan. Misalnya bisnis kamu bergerak di bidang fashion atau food & beverage, kamu perlu menjabarkan bagaimana prosesnya mulai dari menerima pesanan, produksi barang, hingga distribusinya. Begitupun jika bergerak di bidang jasa, bagaimana cara kita memberikan jasa agar customer bisa menikmatinya.

h) Rencana Sumber Daya Manusia

Menjelaskan tentang struktur organisasi perusahaan beserta penjabaran setiap tugas dan tanggung jawab sesuai dengan posisi dalam perusahaan. Setelah membuat strukur organisasi, jelaskan tugas dan tanggung jawab dari masing-masing posisi.

i) Analisis Pemasaran

Pada analisis pemasaran, kita perlu menganalisis pemasaran dan distribusi produk dalam perencanaan bisnis seperti Target pasar , tren pasar dan positioning yang sedang berkembang, termasuk strategi pemasaran .

Gambaran Umur Pasar (STP)

  • Segmen Pasar merupakan gambaran umum dari konsumen produk kita
  • Target Pasar merupakan sasaran khusus bagi konsumen potensial dari prdouk kita.
  • Positioningadalah bagaimana kita menempatkan produk kita diantara pesaing usaha yang sejenis.

Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing

Strategi pemasaran perusahaan dan pesaing dilakukan berdasarkan analisa 7 P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas product, price, promotion, placement, people, process, dan physical evidence.

          

  • Product:Strategi mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk membeli/menggunakannya. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau fitur-fitur yang tersedia dalam layanan harus dijabarkan.
  • Price:Strategi mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan harga yang lebih murah.
  • Promotion:Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen. Contoh promosi dapat dilihat dari :

            – Channel pemasaran yang akan digunakan, misalnya media sosial, Google atau lainnya.

            – Alat promosi misalnya banner dan brosur.

            – Budget yang akan dikeluarkan dan target yang ingin dicapai dalam satu kali promosi.

  • Placement: tempat yang strategis akan memudahkan customer mengetahui bisnis yang kita jalankan. Pada placement, kita dapat menjabarkan hal-hal berikut :

            – Lokasi untuk membuka toko atau kantor

            – Menyiapkan link Google bisnis untuk mempermudah pencarian

            – Membagikan peta untuk menuju ke lokasi pada media sosia

  • People:Merupakan kriteria sumber daya manusia atau individu-individu yang menjalankan proses bisnis.
  • Process:Proses yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses pelayanan terhadap konsumen.
  • Physical Evidence:Penampilan fisik dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan bersih untuk restoran.

j) Competitor Analysis

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menganalisis competitor, diantaranya :

  • 5 Porter’s Model
  • Melakukan listing main competitor

k) Rencana Keuangan

Membuat perencanaan keuangan dengan memperhatikan hal berikut :

            – Melihat pertumbuhan pasar terkait dengan produk/layanan

Rumus yang bisa digunakan untuk menghitung rencana keuangan ialah :

Payback period

– Rumus pengembalian aliran kas per tahun jumlahnya tidak sama.

Payback Period = n + b/c x 1 Tahun

n : Tahun terakhir jumlah arus kas belum bisa menutupi modal investasi awal.
a : Jumlah investasi awal.
b : Jumlah kumulatif arus kas pada tahun ke – n
c : Jumlah kumulatif arus kas pada tahun ke n + 1

– Rumus pengembalian aliran kas per tahun jumlahnya sama.

Payback Period = (investasi awal) /(arus kas) x 1 tahun)

ROI (Return on Investment)

ROI adalah merupakan singkatan dari return on investment atau ROR singkatan rate of return dikenal juga dengan istilah laba atas investasi ini merupakan rasio uang yang diperoleh atau hilang saat investasi, jumlah uang yang diinvestasikan.

Rumus ROI

ROI = ( Total Penjualan – Investasi ) / Investasi x 100%

l) Kesimpulan

Kesimpulan merangkum keseluruhan isi dari business plan, meliputi :

  • Masalah
  • Solusi
  • Dampak
Risky Tri Sandi