People Innovation Excellence
 

Fintech dan Masa Depan

Fintech saat ini sangat berkembang pesat di dunia, termasuk di Indonesia. Fintech ini muncul dari adanya krisis ekonomi global pada tahun 2008 yang membuat masyarakat menginginkan suatu hal yang lebih efiesien. Fintech sendiri sederhananya adalah gabungan dari teknologi dan finansial sehingga terbentuk sebuah sistem yang membantu kegiatan ekonomi.

Masyarakat kini tidak bergantung dengan birokrasi pemerintah lagi. Sebagai contoh, peminjaman kini lebih mudah melalui startup dibandingkan dengan peminjaman melalui bank. Hal ini sangat membantu masyarakat. Dengan biaya yang lebih sedikit dan proses yang lebih cepat, didukung oleh banyak investor yang mau menyediakan uangnya untuk dipinjamkan.

Selain dalam hal pinjaman, fintech juga masuk sebagai alat pembayaran. Pemerintah saat ini sudah mensosialisasikan gerakan cashless sehingga untuk pembayaran tidak perlu membawa uang lagi. Alat pembayaran semakin mudah dengan fintech. Ada juga peer to peer dengan konsep sharing file. Ditambah lagi ada juga yang menyediakan perbandingan layanan bank dan asuransi untuk memudahkan user mililih produk atau jasa yang dianggap paling tepat dan sesuai. Layanan ini seperti bersifat simulator, kita bisa tahu estimasi kedepannya seperti apa.

Kelebihan fintech:

  • Crowdfunding : siapapun bisa memberikan sumbangan
  • Efisiensi : tidak harus ke bank, cukup buka handphone atau computer saja

Kekurangan fintech:

  • Kejahatan cyber : menjadi celah kejahatan. Harus memastikan bahwa akun tidak akan bocor data pribadinya.

 

Kesuksesan crowdfunding di dunia sudah berkembang pesat dalam berbagai bidang. Berikut adalah datanya:

  • Transportasi :844 perusahaan. 51,7 milyar US$
  • Keuangan :1614 perusahaan. 45,3 milyar US$
  • Energi :674 perusahaan. 32,1 milyar US$
  • Kesehatan :1222 perusahaan. 26 milyar US$

Referensi:

CNN Indonesia. (2016, May 31). Fintech, Masa Depan Industri Keuangan. Retrieved from Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=cFkBz4wEGTI&t=183s


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close