Qualitative Research Tools
Pengertian dari Qualitative research adalah penelitian yang membahas tujuan bisnis melalui teknik yang memungkinkan peneliti untuk memberikan interpretasi yang rinci dari fenomena pasar tanpa tergantung pada pengukuran secara numerik. Fokusnya adalah pada penemuan makna batin yang sejati dan wawasan baru.
Pengertian dari Quantitative research adalah penelitian yang membahas tujuan penelitian melalui penilaian secara empiris yang melibatkan pengukuran dan analisis pendekatan secara numerik. Berikut ini adalah tabel perbedaan antara Qualitative Research dan Quantitative Research, jika dilihat dari beberapa aspek penelitian :
Qualitative Research | Research Aspect | Quantitative Research |
Menemukan ide-de, digunakan exploratory research | Tujuan utama | Tes hipotesis atau pertanyaan penelitian secara spesifik |
Observasi dan interpretasi | Pendekatan | Pengukuran dan test |
Tidak terstruktur, free-form | Pendekatan pengumpulan data | Respon yang terstruktur
Menyediakan kategori |
Peneliti terlibat dengan erat. Hasil yang subjektif | Researcher Independence | Peneliti tidak terlibat dengan observer. Hasil yang objektif |
Sample kecil | Samples | Sample besar |
Exploratory Research Design | Penggunaan | Descriptive dan Casual Research Design |
Selain itu, data yang digunakan sumber penelitian pun memiliki perbedaan yang mendasar yaitu Quantitative data adalah mewakili fenomena dengan menetapkan nomor dengan cara disajikan dan bermakna. Sedangkan, Qualitative data adalah data yang tidak ditandai dengan angka tetapi secara tekstual, visual, atau lisan, fokus pada cerita, penggambaran visual, interpretasi, dan deskripsi ekspresif lainnya. Berikut ini adalah 4 kategori utama pendekatan pada Qualitative Research :
- Phenomenology : pendekatan untuk mempelajari pengalaman manusia berdasarkan gagasan bahwa pengalaman manusia itu sendiri secara inheren subjektif dan ditentukan oleh konteks orang hidup
- Ethnography : pendekatan untuk mempelajari budaya melalui metode yang melibatkan dalam budaya itu. Participant-observation adalah penelitian ethnography dimana peneliti menjadi terbenam dalam budaya yang ia sedang belajar dan menarik data dari pengalamannya
- Grounded theory : pendekatan untuk mempelajari penyelidikan dimana peneliti mengajukan pertanyaan tentang informasi yang diberikan oleh responden atau diambil dari catatan historynya
- Case studies : pendekatan untuk mempelajari peristiwa perusahaan tertentu karena menghadapi sebuah keputusan yang penting seperti memperkenalkan produk baru atau berurusan dengan beberapa krisis manajemen
Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan Qualitative Research, maka diperlukan alat penelitian yang tepat. Berikut ini adalah tabel yang menjelaskan mengenai alat yang biasa digunakan dalam qualitative research serta dengan masing-masing keuntungan dan kekurangannya :
Tool | Description | Type of Approach | Key Advantages | Key Disadvantages |
Focus Group Interview | Diskusi grup kecil yang dilatih oleh moderator | Ethnography, case studies |
|
|
Depth Interview | Satu per satu, probing interview antara trained dan responden | Ethnography, grounded theory, case studies |
|
|
Conversations | Dialog yang tidak terstruktur oleh peneliti | Phenomenology, grounded theory |
|
|
Semistructured interviews | Open-ended pertanyaan, sering menulis yang bertanya untuk short-essay answer | Grounded theory, ethnography |
|
|
Word association | Merekam pikiran pertama yang datang ke konsumen dalam menanggapi beberapa stimulus | Grounded theory, case studies |
|
|
Observation | Merekam catatan yang mendeskripsikan kejadian yang diobservasi | Ethnography, grounded theory, case studies |
|
|
Collages | Responden merakit gambar yang merepresentasikan perasaan | Phenomenology, grounded theory |
|
|
Thematic Apperception | Peneliti menyediakan gambar yang ambigu dan responden menjelaskan tentang itu | Phenomenology, grounded theory |
|
|
Reference : Zikmund, Babin, Carr, and Griffin. (-). Business Research Methods. 08. Thomson South-Western. . ISBN: 978-0324320626.