School of Information Systems

Qualitative Research Tools

Pengertian dari Qualitative research adalah penelitian yang membahas tujuan bisnis melalui teknik yang memungkinkan peneliti untuk memberikan interpretasi yang rinci dari fenomena pasar tanpa tergantung pada pengukuran secara numerik. Fokusnya adalah pada penemuan makna batin yang sejati dan wawasan baru.

Pengertian dari Quantitative research adalah penelitian yang membahas tujuan penelitian melalui penilaian secara empiris yang melibatkan pengukuran dan analisis pendekatan secara numerik. Berikut ini adalah tabel perbedaan antara Qualitative Research dan Quantitative Research, jika dilihat dari beberapa aspek penelitian :

Qualitative Research Research Aspect Quantitative Research
Menemukan ide-de, digunakan exploratory research Tujuan utama Tes hipotesis atau pertanyaan penelitian secara spesifik
Observasi dan interpretasi Pendekatan Pengukuran dan test
Tidak terstruktur, free-form Pendekatan pengumpulan data Respon yang terstruktur

Menyediakan kategori

Peneliti terlibat dengan erat. Hasil yang subjektif Researcher Independence Peneliti tidak terlibat dengan observer. Hasil yang objektif
Sample kecil Samples Sample besar
Exploratory Research Design Penggunaan Descriptive dan Casual Research Design

Selain itu, data yang digunakan sumber penelitian pun memiliki perbedaan yang mendasar yaitu Quantitative data adalah mewakili fenomena dengan menetapkan nomor dengan cara disajikan dan bermakna. Sedangkan, Qualitative data adalah data yang tidak ditandai dengan angka tetapi secara tekstual, visual, atau lisan, fokus pada cerita, penggambaran visual, interpretasi, dan deskripsi ekspresif lainnya. Berikut ini adalah 4 kategori utama pendekatan pada Qualitative Research :

  1. Phenomenology : pendekatan untuk mempelajari pengalaman manusia berdasarkan gagasan bahwa pengalaman manusia itu sendiri secara inheren subjektif dan ditentukan oleh konteks orang hidup
  2. Ethnography : pendekatan untuk mempelajari budaya melalui metode yang melibatkan dalam budaya itu. Participant-observation adalah penelitian ethnography dimana peneliti menjadi terbenam dalam budaya yang ia sedang belajar dan menarik data dari pengalamannya
  3. Grounded theory : pendekatan untuk mempelajari penyelidikan dimana peneliti mengajukan pertanyaan tentang informasi yang diberikan oleh responden atau diambil dari catatan historynya
  4. Case studies : pendekatan untuk mempelajari peristiwa perusahaan tertentu karena menghadapi sebuah keputusan yang penting seperti memperkenalkan produk baru atau berurusan dengan beberapa krisis manajemen

Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan Qualitative Research, maka diperlukan alat penelitian yang tepat. Berikut ini adalah tabel yang menjelaskan mengenai alat yang biasa digunakan dalam qualitative research serta dengan masing-masing keuntungan dan kekurangannya :

Tool Description Type of Approach Key Advantages Key Disadvantages
Focus Group Interview Diskusi grup kecil yang dilatih oleh moderator Ethnography, case studies
  • Dapat diselesaikan dengan cepat,
  • Mendapatkan beberapa perspektif,
  • Fleksibilitas
  • Hasilnya bergantung pada moderator,
  • Hasilnya tidak menyamaratkan ke orang banyak,
  • Mahal
Depth Interview Satu per satu, probing interview antara trained dan responden Ethnography, grounded theory, case studies
  • Mendapatkan wawasan yang cukup luas dari setiap individu
  • Mengerti dengan baik tentang perilaku yang tidak biasa
  • Hasilnya bergantung pada interpretasi peneliti
  • Hasilnya tidak berarti menyamaratkan
  • Sangat mahal
Conversations Dialog yang tidak terstruktur oleh peneliti Phenomenology, grounded theory
  • Mendapatkan wawasan yang unik,
  • Dapat menutupi topik yang sensitif
  • Mudah dimengerti
  • Interpretasi bergantung pada peneliti
Semistructured interviews Open-ended pertanyaan, sering menulis yang bertanya untuk short-essay answer Grounded theory, ethnography
  • Dapat mengatasi isu yang lebih spesifik,
  • Hasilnya dengan mudah diinterpretasikan
  • Kurangnya fleksibilitas
Word association Merekam pikiran pertama yang datang ke konsumen dalam menanggapi beberapa stimulus Grounded theory, case studies
  • Ekonomis,
  • Dapat dilesesaikan dengan cepat
  • Kurangnya fleksibilitas
Observation Merekam catatan yang mendeskripsikan kejadian yang diobservasi Ethnography, grounded theory, case studies
  • Dapat menghasilkan pola perilaku secara aktual
  • Mahal
Collages Responden merakit gambar yang merepresentasikan perasaan Phenomenology, grounded theory
  • Fleksibel yang cukup
  • Bergantung pada interpretasi peneliti yang tinggi
Thematic Apperception Peneliti menyediakan gambar yang ambigu dan responden menjelaskan tentang itu Phenomenology, grounded theory
  • Projektif, dapat mengetahui isu yang sensitif
  • Fleksibel
  • Bergantung pada interpretasi peneliti yang tinggi

Reference : Zikmund, Babin, Carr, and Griffin. (-). Business Research Methods. 08. Thomson South-Western. . ISBN: 978-0324320626.

Ferry