e-Tailing
Electronic Tailing (E-Tailing) adalah retailing yang diselengarakan secara online dengan internet untuk keperluan toko eceran. Pihak yang melakukan kegiatan retail atau e-tailing ini disebut e-retailer. Bisnis e-tailing adalah termasuk tipe bisnis B2C (business to customer) yaitu transaksi online yang terjadi antara perusahaan dan konsumen individu.
E-tailing saat ini sangat marak berkat inspirasi dari kisah sukses www.amazon.com. Sejak didirikan pada bulan Juli 1995, Amazon yang pertama kali didirikan dan dioperasikan oleh Jeffrey Bezos telah menjadi toko maya terbesar di dunia.
Bisnis e-tailing memerlukan pemahaman terhadap tiga konsep dasar yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya pengembangannya, yaitu:
Content dari website
Tampilan dan juga kemudahan yang didapatkan dari sebuah situs.
Komunitas dalam internet
Dimana setiap pelaku bisnis e-tailing harus mampu membangun komunitas khusus dalam situsnya. Komunitas yang dibangun antara lain didasarkan pada:
- Kesamaan hobi
- Kesamaan minat
- Kesamaan pengalaman
- Kesamaan keperdulian
- Kesamaan regional wilayah tempat tinggal, dll
Komersialisasi
Komersialisasi menyangkut segala sesuatu yang ditawarkan untuk menarik konsumen agar bersedia melakukan transaksi pembelian.
Model Bisnis E-Tailing
Terdapat 4 konsep dasar model bisnis e-tailing yang dikemukanan oleh Calkins, yaitu:
- Chanel Support
Adalah usaha-usaha untuk meningkatkan penjualan tambahan dengan cara memanfaatkan beberapa pengecer yang menggunakan internet untuk mendukung distribusi yang ada.
- Category Killer
Adalah pengecer yang menawarkan kelengkapan untuk kategori yang bersangkutan meskipun sebenarnya spesialisasinya adalah pengecer untuk satu macam produk saja. Contohnya: Home Depot (home improvement), Toys R Us (mainan anak-anak), dan lain-lain.
- Auctioner
Dikenal sebagai perusahaan yang melakukan transaksi lelang online. Pedagang melakukan content (produk yang ditawarkan, informasi rinci, dan harga penawaran).
- Vertical Portal
Bisnis ini melibatkan beberapa merchant yang memiliki modal yang sangat kuat, merk yang terkenal, skala bisnis yang besar, dan kredibilitas yang meyakinkan. Contoh pelaku bisnis ini dapat ditemukan di www.pikenet.com.
Sumber:
http://sharahritonga.blogspot.co.id/2012/09/about-e-tailing.html
http://ekikalylaabdalrizak.blogspot.co.id/2011/02/e-tailing.html