School of Information Systems

Dampak komunikasi elektronik pada bisnis tradisional

Selama periode yang ditunjukkan pada Tabel 1.1 manajer di bisnis mapan harus dapat menentukan bagaimana menerapkan teknologi komunikasi elektronik yang baru untuk mengubah organisasinya. Seperti yang akan kita lihat, bisnis yang ada telah mengembangkan pendekatan mereka terhadap bisnis digital melalui serangkaian tahap. Inovasi tanpa henti, dengan terus berinovasinya teknologi baru, model bisnis baru dan pendekatan komunikasi baru. Jadi semua organisasi harus meninjau kembali pendekatan komunikasi berbasis elektronik dan internet yang baru karena potensi mereka untuk membuat bisnis mereka lebih kompetitif dan juga mengelola risiko yang berkelanjutan seperti keamanan dan kinerja. Misalnya, banyak bisnis meninjau manfaat, biaya dan risiko teknologi bisnis digital yang saat ini mereka pelaksana sebagai bagian dari proyek transformasi bisnis digital. Transformasi bisnis digital adalah perubahan signifikan terhadap proses organisasi, struktur dan sistem yang diterapkan untuk meningkatkan kinerja organisasi melalui peningkatan penggunaan media digital dan platform teknologi.

Ada dua peluang utama transformasi digital yang terbuka bagi kebanyakan bisnis, yaitu: pemasaran inbound dan pemasaran mobile.

Pemasaran inbound

Di Internet sering kali pelanggan yang memulai kontak dan mencari informasi melalui meneliti informasi di situs web. Dengan kata lain, ini adalah mekanisme ‘tarik’ yang sangat penting untuk memiliki visibilitas yang baik di mesin telusur saat pelanggan memasukkan istilah penelusuran yang relevan dengan produk atau layanan perusahaan. Diantara profesional pemasaran, pendekatan baru yang hebat untuk pemasaran sekarang dikenal sebagai pemasaran inbound (Shah dan Halligan, 2009). Google telah merujuk pada pengambilan keputusan konsumen ini sebelum mereka mengunjungi pengecer sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT) dalam buku pegangan oleh Lecinski (2012). Ini menggambarkan kombinasi pengaruh online dan offline terhadap pembelian seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.2.

Pemasaran inbound sangat kuat sejak pembelanjaan iklan berkurang. Pemasaran pencarian, pemasaran konten dan pemasaran media sosial dapat digunakan untuk menargetkan prospek dengan kebutuhan yang pasti – mereka proaktif dan memilih sendiri. Tapi ini adalah kelemahan, karena pemasar mungkin memiliki kontrol yang lebih kecil daripada komunikasi tradisional dimana pesan didorong ke khalayak yang pasti dan dapat membantu membangkitkan kesadaran dan permintaan. Advokat pemasaran inbound seperti Dharmesh Shah dan Brian Halligan berpendapat bahwa konten, media sosial dan pemasaran pencarian memang memiliki peran dalam menghasilkan permintaan.

Pemasaran inbound Konsumen secara proaktif mencari informasi untuk kebutuhan mereka secara aktif, dan interaksi dengan merek yang menarik melalui pemasaran konten, pencarian dan pemasaran media sosial.

Zero Moment of Truth (ZMOT) Ringkasan keputusan konsumen multichannel hari ini untuk pembelian produk di mana mereka mencari, meninjau peringkat, model, harga dan komentar di media sosial sebelum mengunjungi pengecer.

A. Raharto Condrobimo