Mengenal Persona dalam User Experience
User persona adalah salah satu tools yang berharga dalam pengerjaan proyek User Experience. Persona memungkinkan seluruh design dan development team untuk menjaga user story yang simpel. Tools ini menghasilkan produk yang lebih baik kepada user dan kemungkinan besar proyek akan berhasil.
Ada beberapa tipe persona yang digunakan dalam customer dan user focused business. Dua tipe ini sangat berguna untuk user experience designers, yaitu the proto-persona dan the user-persona.
- The Proto-Persona
Persona ini dibuat ketika tidak ada sumber untuk dilakukannya penelitian user dan berdasarkan penelitian apapun yang didapat dari sumber lain, yang diperkirakan kepada siapa team bekerja. The proto-persona tidak terlalu berguna dibandingkan the user-person, tetapi lebih baik daripada tidak ada sama sekali.
- The User-Persona
Persona ini adalah persona yang paling umum untuk digunakan oleh para user experience designer. Isinya adalah cerita singkat dari user’s goals, behaviours, dan pain points. The user-persona dibuat dengan user research.
Kedua tipe persona menceritakan apa yang dilakukan oleh orang tersebut, mengapa dilakukan oleh orang tersebut, dan apa yang diinginkan dari sebuah produk. Persona ada untuk mengkomunikasikan guideline dari apa yang seharusnya menjadi akhir dari user experience.
Sebuah user persona harus:
- Menjelaskan observasi dari penelitian
- Fokus pada sekarang dan tidak pada apa yang akan terjadi di masa yang akan datang.
- Realistis dan tidak menjunjung perilaku atau keinginan
- Membantu menetapkan dasar dari tugas user experience
Persona juga harus membantu dalam pemahaman tentang user itu sendiri:
- Isi dalam produk yang akan digunakan
- Perilaku user saat itu
- Sikap user pada umumnya
- Keinginan/kebutuhan dari produk yang didesain
- Kesulitan user untuk mengatasi situasi saat itu
- Tujuan user
(Image: Elizabeth Bacon)
Ada 4 key uses dari persona dalam desain produk, yaitu:
- Persona digunakan untuk validasi keputusan yang dibuat oleh design team
- Persona digunakan unuk mengembangkan prioritas ketika adanya konflik ide dalam sumber atau waktu
- Persona harus ada ketika sesi ideation untuk bekerja sebagai sumber inspirasi dan untuk menetapkan dasar yang berfokus kepada user
- Persona harus menjadi referensi ketika ide dikritik atau iterations produk
User persona merupakan tools yang sangat efektif bagi para user experience designer. Persona memungkinkan project team untuk fokus kepada user’s requirements dan needs dan mengerti akhir dari expected outcomes dari design project.
References
Anon., 2016. Interaction Design Foundation. [Online]
Available at: https://www.interaction-design.org/literature/article/user-personas-for-mobile-design-and-development-a-winning-technique-for-great-ux
[Accessed 27 March 2017].