PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-MARKETING PADA PT. PERWIRA INDO WIRE
METODE PENELITIAN DAN PERANCANGAN
Desain Penelitian
Metodologi yang akan digunakan didalam perancangan ini adalah sebagai berikut:
- Metode Pengumpulan Data
- Studi Pustaka
Penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca, mencari dan mengumpulkan data-data yang bersifat teoritis yang berhubungan dengan masalah, serta mencari informasi pendukung lain melalui media cetak dan internet.
- Survei Lapangan
Memperoleh informasi dengan melakukan wawancara secara langsung ke pihak perusahaan untuk mendapatkan informasi yang lebih objektif.
- Kuesioner
Menyebarkan kuesioner ke pelanggan untuk memperoleh data mengenai kebutuhan dan preferensi pelanggan, sehingga website yang dibangun dapat digunakan secara efektif.
- Metode Analisis dan Perancangan
Metode analisis dan perancangan pada PT. Perwira Indo Wire yaitu menggunakan metode Seven Step E-Marketing Plan dan OOAD.
Metode Analisis
Metode E-Marketing Plan Process dengan menggunakan tahapan pertama sampai ketiga, yaitu :
- Situation Analysis
Untuk meninjau lingkungan dan analisis SWOT perusahaan, rencana marketing yang ada dan informasi perusahaan, tujuan bisnis strategi, dan kinerja matriks.
Analisis SWOT
Gambar 3 Analisis SWOT
Kuadran 1: Ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).
Kuadran 2: Meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).
Kuadran 3: Perusahaan menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi di lain pihak, ia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Kondisi bisnis pada kuadran 3 ini mirip dengan Question Mark pada BCG Matrix. Fokus strategi perusahaan ini adalah meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik. Misalnya, Apple menggunakan strategi peninjauan kembali teknologi yang dipergunakan dengan cara menawarkan produk-produk baru dalam industri microcomputer.
Kuadran 4: Ini merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, perusahaan tersebut menghadapi berbagai ancaman dan kelemahaan internal.”
- E-Marketing Strategic Planning
Melakukan perencanaan strategic termasuk analisis kesempatan marketing untuk mengembangkan segmentasi, targeting, differensiasi dan strategi positioning.
- Objectives
Merumuskan tujuan-tujuan perusahaan yang dapat menggunakan matriks objektif strategi untuk memandu implementasi.
Metode Perancangan
Metode perancangan menggunakan 4 tahap terakhir dari “E-Marketing Plan Process” yang meliputi :
- E-Marketing Strategy
Mendesain strategi e-marketing untuk 4P(Product, Pricing, Place, Promotion) sertaDistribution, Marketing Communication, danRelationship Management.
- Implementation Plan
Mengembangkan rencana implementasi menggunakan marketing mix 4P yang cocok dengan perusahaan.
- Budget
Menyiapkan biaya implementasi dan biaya yang dapat ditekan untuk mengukur perbandingan biaya e-marketing.
- Evaluation Plan
Untuk mengukur hasil dan mengevaluasi keberhasilan rencana dalam basis yang terus-menerus, dimana tahapan ini tidak dijadikan dikarenakan keterbatasan waktu.
Perancangan website dengan menggunakan ObjectOrientedAnalysis and Design(OOAD) yang terdiri dari:
- Usecase Diagram
- Activity Diagram
- Usecase Description
- Class Diagram
- Multilayer Sequence Diagram
- User interface