PROJECT MANAGEMENT OFFICE
PMO adalah a department that centralizes the management of projects. Jika perusahaan ingin mengelola proyek dengan baik, maka PMO harus dibentuk. Suatu PMO adalah kelompok organisasi yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan fungsi manajemen proyek dalam sebuah organisasi. Jika ada sebuah rencana pada suatu organisasi, maka rencana itu diserahkan ke organisasi PMO, baik dari inisiasi sampai dengan closing project akan menjadi urusan PMO. Fungsi dari PMO antara lain :
- Providing the Policies, Methodologies, and Templates for Managing Projects within the organization,
- Providing Support and Guidance to others in the organization on how to manage projects, training others in project management or project management software, and assisting with specific project management tools,
- Providing Project Managers for different projects, and being responsible for the results of those projects (All Projects, or project of a certain size, type or influence, are managed by this office).
Tujuan PMO antara lain :
- mengumpulkan, mengatur, dan mengintegrasikan data proyek bagi seluruh organisasi.
- mengembangkan dan mempertahankan template bagi dokumen-dokumen proyek
- mengembangkan atau mengkoordinasi pelatihan dalam berbagai topik manajemen
- mengembangkan dan menyediakan jalur karir formal bagi manajer proyek
- menyediakan jasa konsultasi manajemen proyek
- menyediakan struktur untuk menampung manajer proyek ketika sedang mengerjakan proyek atau di antara proyek
Keuntungan yang didapat dari PMO yang efektif :
- Meningkatkan tingkat kesuksesan proyek (mengurangi tingkat kegagalan proyek)
- Menyediakan praktik standar untuk proyek dalam perusahaan
- Membantu CIO dalam mendeliver proyek IT strategic yang dapat memuaskan CFO dan internal customer.
- Dapat mengelola keuangan perusahaan sehingga dapat tercipta cost reduction
- Memungkinkan untuk pengelolaan resource yang lebih baik sehingga produktivitas meningkat
- Memberikan dukungan pada proyek dan memberikan payback yang lebih besar
- Perbaikan kapabilitas perusahaan dalam meluncurkan produk (lebih kreatif, adaptif, dan cerdas dalam peluncuran produk baru)