Grand strategy dalam desain Web
Terdapat tiga tahap dalam desain web, yang pertama disebut tahap Grand Strategy. Adapun elemen didalamnya meliputi :
1. Audience Profile
Audience Profile dalam Grand Strategy dapat merupakan mendefinisikan Segmentasi Customer (Calon Customer yang akan mengunjungi Web Site) sesuai Produk atau Layanan Jasa yang akan ditawarkan dalam Website tsb. Pengelompokan Segmentasi dari Customer ini dalam Audience Profile dapat melalui:
• Pengelompokan jenis kelamin (Pria/ Wanita)
• Usia Audience
• Jenis kelompok pekerjaan dari Audience
• Latar belakang pendidikan dari Audience
• Hobby dari Audience
• Pengalaman kerja dari Audience
• Gaya hidup dari Audience
• Kehidupan keluarga dari Audience
• dll
Untuk lebih efektif dalam menentukan Audience Profile, maka Segmentasi perlu dipersempit
2. Communication Strategy
Dalam communication strategy ini, menentukan yang menjadi tujuan Situs Web yang akan dibuat ini akan menyampaikan/ mengkomunikasikan apa ? Misalkan :
a. Apakah sebagai sumber informasi :
• Berita
• Katalog produk
b. Untuk menarik minat agar pengunjung mengambil keputusan ? Bertindak ? Melakukan aksi ?
• Membeli
• Mendaftar/ Berpartisipasi
c. Dalam rangka pembentukan Merek
• Membangun kesan perusahaan bonafide dan tepercaya
d. Sebagai alat untuk komunikasi interaktif
• Layanan hubungan pelanggan
• Layanan hubungan untuk investor
• Hubungan dengan pihak media massa
• Mengelola memecahkan masalah pelanggan
Hanya dengan mengenali dan memahami terlebih dahulu target dan profile audiens yang jelas dan tujuan yang ingin dicapai, maka baru dapat dirumuskan dan didefinisikan fitur apa saja yang dibutuhkan pada situs web yang akan dibuat.
3. Features Design
a. Menentukan Desain Konten
• Harus berorientasi pada customer
• Memiliki manfaat atau keuntungan bagi pengunjung situs web ini. Sehingga kita sebagai pembuat harus menempatkan diri kita dalam kaca mata dan sudut pandang pengguna. (Bukan Perusahaan)
b. Perancangan RF (Revisit Factors), hal apakah yang membuat pengunjung bersedia datang kembali ke situs Web ini dari waktu ke Waktu
• Up to date (What’s New Content)
• Kebutuhan Niche (Speciality)
• Kebutuhan Broad (Directory)
• Insentif (Hadiah/ Program Promosi)
• Dapat diandalkan (tersedia saat dibutuhkan)
c. Setelah itu menentukan fitur-fitur yang akan disusun dalam perencanaan navigasi. Pengalaman pengguna seperti apa yang hendak kita berikan pada pengunjung Situs?
Desain Struktur Navigasi:
• Broad VS Deep
• Sistem logis & klasifikasi
• Desain prioritas