School of Information Systems

Website Analysis Case study : Agoda.com

Agoda.com adalah suatu website yang user friendly. Agoda adalah suatu website dari sekian website OTA (Asia Rooms, Raja Kamar, KAHA Online, etc) yang disebut dengan OTA (Online Travel Agent) sebagai sisi channel distribution. Website ini memudahkan bagi para customer baik FIT (Free Individual Travellers) ataupun dari sisi Penggunanya yaitu Hotel. Konsep dari E Marketing yang menarik dapat dilihat dari cara Agoda mempromosikan penjualan hotelnya kepada customers dengan menggunakan konsep digital marketing dimana Agoda bekerjasama dengan Internet, website lain/affiliate marketing, radio, televisi, social media untuk menaikkan penyebaran viral marketing dari sisi promosi. Yang menarik dari Agoda dalah pengunaan Web banner display di affiliate marketingnya misalnya BCA, BNI, Blitz Cineplex, Lion Air, sehingga mereka penjualan Agoda dapat dilihat di affiliate partner mereka yang memili direct link. Agoda memiliki komponen mulai dari hotel deals dengan dibagi di tiap negara, tiap kota, tiap daerah, dan customers dapat memilih hotel yang mereka inginkan sesuai jarak, harga, bintang kelas hotel, dan tanggal yang dipilih serta Agoda memiliki kemampuan menjelaskan apakah harga ini termasuk breakfast ataut tidak, serta available atau tidak tanggal yang dipilih. Agoda memiliki komponen pendukung untuk menjelaskan hotel deals terbaik dan top selling di daerah, di dunia, serta dapat melihat hotel hotel apa yang pernah dilihat oleh customers tersebut. Yang menariknya Agoda pun dapat didownload dengan menggunakan aplikasi social media, dan mobile marketing. Agoda juga memiliki travel blog yang memudahkan customer untuk melihat komentar dan saran dari tamu lain mengenai hotel yang dipilihnya. Press center juga diperlukan untuk dapat memberikan berita mengenai update dari press release mengenai Agoda. Agoda memiliki kemampuan dalam multilanguage untuk memudahkan customersnya. Sangat menarik jika Reward point pun diberikan Agoda untuk customers yang sudah menginap di satu hotel, dan keesokan harinya Agoda akan mengirimkan email yang intinya meminta masukan kepada mereka mengenai service dari hotel tersebut, serta bagi yang mengirimkan feedback, akan diberikan reward points yang dapat digunakan untuk menginap di hotel. Customers dapat memilih bookingan, merubah tanggal, memilih cara pembayaran serta mengirimkan request tertentu (misalnya menyukai kamar king size menghadap taman, atau twin share menghadap kolam renang, etc). Agoda tidak hanya sebuah OTA website yang digunakan oleh FIT, tetapi Agoda juga menjadi tempat untuk para hotel untuk dapat mengupdate dari sistem mengenai booking allotment kamar, sistem reservasi, mengupdate paket paket kamar yang akan dijual kepada customers, dan ini menjadi kebebasan bagi pihak hotel untuk menentukan, dan disinilah uniknya Agoda dalam memainkan peran Dynamic Rate atau revenue Management. Pada masa tertentu Agoda akan memberikan special deasl paket tertentu kepada anggotanya (hotel members) untuk bergabung di dalam join promotion, dimana sistem SEO, SEM, SMO pun sudah diincludekan ke dalamnya.