BUSINESS INTELLIGENCE FOR MARKETING DECISION MAKING PROCESS: CASE STUDY AT PT ARBELLA
Judul | BUSINESS INTELLIGENCE FOR MARKETING DECISION MAKING PROCESS: CASE STUDY AT PT ARBELLA (Research SI-2012-18) |
Skema | Penelitian dana internal (HIBAH BINUS) |
Tahun Anggaran | 2012 |
Ketua Peneliti | Ali Gunawan |
Anggota Peneliti | Stephen Gregorius Kurnia; Yohanes Kurniawan |
RINGKASAN DAN SUMMARY
Semakin banyak dan berkembangnya pusat perbelanjaan di area jabodetabek mendorong banyaknya usaha kecil – menengah yang ikut dalam usaha di pusat perbelanjaaan tersebut dengan layanan pelanggan yang lebih baik. Keberhasilan usaha tergantung pada kemampuan manajemen untuk melihat dan memanfaatkan peluang pada dalam lingkungannya, yang kompleks, heterogen, dinamis dan tidak pasti, serta melihat dan mempertimbangkan faktor faktor external yang mungkin terjadi dan mencari langkah langkah pencegahan. PT. Arbella sebagai salah satu pelaku usaha, harus dapat mengantisipasi persaingan ini. Manajemen PT. Arbella harus mempunyai kemampuan mengindentifikasi dan menganalisis data dan informasi terus-menerus untuk dapat bereaksi cepat dan efisien terhadap ancaman dan peluang yang ditemukan karena dari informasi yang diperlukan untuk proses pengambilan keputusan di perusahaan. Penulisan ini menunjukkan bagaimana langkah langkah dari PT. Arbella untuk meningkatkan daya saing mereka dan dapat berkontribusi terhadap pencapaian tujuannya dengan menggunakan Sistem Business Intelligence. Dalam hal ini Business Intelligence dipandang sebagai sebuah perangkat yang terkoordinasi dan terus-menerus harus diterapkan guna mengidentifikasi kebutuhan intelektual yang kritis, di lingkungan eksternal, mengevaluasi data, menyimpan dan menganalisis bisnis dan informasi, di antara bisnis dalam pengambil keputusan.
Kata Kunci : UKM, business intelligence, pengambilan keputusan