School of Information Systems

Perbandingan ROLAP vs MOLAP

OLAP adalah struktur data di gudang data yang dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja analisis data. Kubus OLAP terkadang disebut sebagai hypercube. Kubus OLAP berisi data dan informasi multidimensi dari berbagai sumber yang tidak terkait untuk analisis logis dan teratur. Kubus dapat menggabungkan tipe data yang berbeda dari berbagai sumber data yang telah diubah. Operasi analitik selanjutnya dilakukan pada data untuk membuat hubungan dengan data lain yang diperoleh, termasuk “mengiris dan memotong” data agar sesuai dengan kriteria tertentu untuk memungkinkan perspektif tambahan untuk mendukung keputusan.

Salah satu tantangan dengan OLAP adalah membutuhkan penggunaan skema yang kompleks untuk mengimplementasikan dan mengelola teknologi. Mengelola dan mengelola kubus sangat memakan waktu, tetapi memberikan nilai yang sangat baik bagi organisasi saat selesai.OLAP dibagi menjadi dua yaitu Relational Online Analytical Processing(ROLAP) dan Juga Multidimensional Online Analytical Processing(MOLAP) berikut ini perbandingannya ;

Relational Online Analytical Processing(ROLAP) yaittu sistem yang dibangun diatas relational database atau RDBMS jadi rolap ini sangat bergantung sekali dengan RDBMS karena ROLAP menyimpan data pada RDBMS dengan menggunakan starschma maupun snowflake schema, ROLAP melakukan analisis data yang selanjutnya akan disimpan pada basis data, ROLAP biasanya digunakan pada basis data yang jumlah datanya sangat besar ,keuntungan dari penggunaan ROLAP ini yaitu dapat memproses data dalam jumlah besar: Karena teknologi ROLAP bergantung pada basis data relasional, datanya disimpan dalam basis data relasional, sehingga tidak memiliki batasan ruang penyimpanan data, lalu ROLAP juga dapat disimpan dalam bentuk row dan colum karena dia base nya adalah RDBMS,kekurangan dari ROLAP yaitu perfoma dalam pemrosesan data yang rendah karena rolak menjalankan query sql dalam database relasional yang dimana tingkat efisiennya sangat rendah.

Multidimensional Online Analytical Processing(MOLAP) yaitu sistem yang dibangun dengan meyimpan data pada multidemensional data, berbeda dengan ROLAP yang penyimpanannya pada rdbms, artinya disini MOLAP menggunakan arrat multidemensi untuk menyimpan datanya. Kelebihan dari MOLAP ini yaitu permrosesan data lebih cepat dibanding ROLAP hal ini dikarenakan karena MOLAP menyimpan datanya sendiri yaitu pada multidimensional data, sehingga dalam pengambilan data dan pemrosesan query sangat efisien atau cepat dalam slicing,rotating, dan partitioning data. Kekurangan dari MOLAP yaitu penyimpanan data terbatas, tidak seperti ROLAP yang melakukan penyimpanan pada RDBMS MOLAP ini penyimpanan datanya terbatas karena multidimensional data tidak mungkin memuat jumlah data yang sangat besar, lalu kekurangannya yaitu data yang bisa diproses adalah data yang sudah di ringkas, serta kekurangan yang terahir dalam pengimplementasian MOLAP ini yaitu biaya lebih mahal.

Refrence :
https://www.binaracademy.com/blog/pengertian-data-warehouse

https://sis.binus.ac.id/2020/11/12/apa-itu-data-warehouse/

https://www.sisense.com/glossary/olap/

https://www.educba.com/rolap-vs-molap/

Freza Fathur Nur Purnomo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031