School of Information Systems

Tim Cipher Berhasil Menjuarai Lomba Gemastik XV 2022 dalam Divisi IV – Desain Pengalaman Pengguna

24 November 2022 – Selamat kepada Tim Cipher berhasil menduduki juara 1 pada lomba GEMASTIK XV 2022 yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (pupernas) dengan tuan rumah Universitas Brawijaya Malang dalam divisi lomba IV – Desain Pengalaman Pengguna (UX competition).

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) XV 2022 merupakan kompetisi yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di ea Revolusi Industri 4.0 untuk menciptakan inovasi dan memecahkan permasalahan yang ada. Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan ilmu digitalisasi. Gemastik memiliki divisi lomba sebanyak 11 divisi dimana setiap divisi akan memiliki goals yang ingin dicapai.

School of Information Systems yang terdiri dari kolaborasi antara Information Systems Case Study Club (ISCSC) dan Information Systems Laboratory Assistant pun ikut berpartisipasi mengikuti lomba Gemastik XV 2022 yang dibantu oleh pihak Student Club & Activity Center (SCAC) Universitas Bina Nusantara. Lomba Gemastik tahun ini pun memiliki ketentuan bahwa setiap Universitas hanya boleh mengirimkan maksimal 10 tim per divisi lomba, yang artinya kami juga melewati tantangan untuk bersaing secara internal terlebih dahulu sebelum akhirnya di daftarkan ke Pusat Prestasi Nasional. Langkah pertama sudah tim lalui, divisi yang dipilih Tim Cipher seperti penjelasan diatas yaitu Divisi IV – Desain Pengalaman Pengguna.

Dalam lomba Divisi IV – Desain Pengalaman Pengguna (UX Competition) diharapkan tim dapat melakukan desain interaksi produk yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna. Dalam lomba ini yang menjadi fokus utama adalah pengalaman yang dirasakan pengguna ketika sedang menggunakan aplikasi tersebut secara menyeluruh. Para peserta lomba dituntut agar dapat merancang suatu antarmuka dan pengalaman pengguna yang baik dengan menggunakan metode terkait, sehingga didapatkan hasil desain aplikasi yang memiliki kualitas UX yang baik.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman lomba yang sudah berhasil di juarai oleh Tim Cipher, yang beranggotakan Edward Hartanto Enrico Abadi, Lisa Mega Tanto Kusumo dan Candraswari Jauhar Malika pun berusaha memberikan ide yang terbaik untuk lomba ini. Lomba Gemastik XV 2022 memiliki 2 tahap yaitu:

  1. Unggah Proposal / Penyisihan Daring
  2. Babak Final

Berbeda dari lomba pada umumnya, setiap tim peserta yang ingin melakukan lomba Gemastik harus mendaftarkan dirinya terlebih dahulu ke pihak yang bisa membantu memfasilitasi lomba, salah satunya tim Training and Competition (TNC). Nantinya tim peserta akan melakukan pendaftaran ke pihak Universitas yang menyatakan bahwa tim siap mengikuti lomba ini. Khusus pendaftaran lomba akan dibantu oleh pihak terkait seperti Student Club & Activity Center (SCAC) Universitas Bina Nusantara. Apabila proses pendaftaran tim ke pihak Pupernas sudah selesai dilakukan maka tim akan mengisi data diri dan data semua anggota tim ke website Gemastik.

Pada tahap pertama para peserta akan menentukan ide dari tema yang diberikan oleh pihak lomba, yaitu “Perancangan Pengalaman Pengguna untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Dari tema yang ada para peserta juga diharapkan dapat berkontribusi ke dalam salah satu dari 17 Sustainable Development Goals (SDG) yang telah dipaparkan dalam penjelasan pendoman lomba Gemasti XV 2022. Tim Cipher berusaha menciptakan ide yang sesuai dengan issue yang ada di Indonesia pada saat ini agar ide yang dihasilkan menjadi ide yang memiliki inovasi yang tinggi. Tim Cipher bukan hanya menciptakan sebuah ide yang menarik namun juga memberikan pengalaman buat user agar aplikasi yang dibuat mudah digunakan. Seperti pada umumnya, perancangan ide yang dibuat pun mengalami perubahan yang berasal dari masukkan dan saran dari Mentor dan Dosen Pembimbing serta berdasarkan research yang dilakukan agar ide yang dihasilkan out of the box.

Output yang dihasilkan pada tahap penyisihan yaitu para peserta akan mengumpulkan Proposal, Poster dan URL Video Clip. Tim Cipher bekerja keras satu sama lain untuk menyelesaikan ketiga output yang diminta oleh pihak lomba dengan arahan dari Mentor maupun Dosen Pembimbing sehingga dapat menyelesaikannya tepat waktu.

Pada tanggal 13 November 2022 pengumuman Finalis Gemastik XV 2022 diumumkan dalam bentuk surat yang menginformasikan siapa saja dalam setiap divisi yang lolos ke tahap final. Berdasarkan surat tersebut diumumkan bahwa Tim Cipher dan Tim BINUS ONE lolos ke tahap final bersama dengan 20 tim lainnya. Namun sebelum masuk ke tahap final, khususnya dari Divisi IV diminta untuk menyelesaikan output tahap final yang harus disubmit maksimal tanggal 19 November 2022. Output untuk tahap final sendiri berisi Laporan Akhir, Prototipe, Video Clip dan File Presentasi. Nantinya laporan akhir yang sudah dibuat harus di cek similarity dan melakukan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar ide yang dibuat sudah menjadi hak paten masing-masing peserta.

Tahap final lomba gemastik sendiri dimulai dari tanggal 22 – 25 November 2022. Dikarenakan yang lolos tahap final khususnya Divisi IV – Desain Pengalaman Pengguna ada total 22 tim maka tahap final dilakukan 2 hari mulai dari tanggal 22 – 23 November 2022. Pihak panitia melakukan penentuan urutan presentasi pada tanggal 22 November 2022 dan kebetulan Tim Cipher menjadi tim ke-2 yang akan melakukan presentasi pada hari tersebut. Pada tahap final, pihak panitia akan memutarkan video presentasi yang telah dibuat oleh seluruh finalis selama 10 menit dan setelah itu adanya sesi tanya jawab dengan juri selama 15 menit. Perasaan menegangkan pun dirasakan oleh Tim Cipher tatkala nama mereka dipanggil namun dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman yang baik serta arahan dan saran yang diberikan oleh Mentor dan Dosen Pembimbing membuat kepercayaan diri Tim Cipher pun akhirnya meningkat.

Pengumuman juara lomba akan diumukan pada tanggal 24 November 2022, berdasarkan pengumuman lomba bahwa Tim Cipher berhasil menjadi Juara 1 lomba Gemastik XV 2022 dengan kategori Divisi IV – Desain Pengalama Pengguna. Selamat kepada Tim Chiper karena semangat dan tekad kalian membuahkan hasil yang sangat baik. Terima kasih juga untuk pihak-pihak yang terlibat sampai akhirnya Tim Cipher dari School of Information Systems berhasil menjadi juara.

Kesan dan pesan dari Tim Cipher :

  • Edward Hartanto Enrico Abadi : ” Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam pelombaan GEMASTIK XV 2022 kali ini sehingga tim kami bisa mendapatkan juara 1. Terima kasih banyak juga kepada Miss Nuril dan ka Monica yang membimbing kami dari awal sampai akhir dan memberikan dukungan walaupun kami sempat hampir menyerah di tengah perjalanan kami. “
  • Lisa Mega Tanto Kusumo : ” Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat dan karunia-Nya, sehingga kelompok kami dapat menyelesaikan lomba Gemastik dengan baik. Kami juga berterima kasih atas seluruh pihak yang terlibat meliputi keluarga, dosen pembimbing, LABSISFO, narasumber, teman-teman, dan terutama anggota kelompok yang sangat mendukung baik secara mental maupun kemampuan. Kami harap semoga juara Gemastik dapat terus dilanjutkan kedepannya. “
  • Candraswari Jauhar Malika : ” Terima kasih ke kepada seluruh panitia gemastik, tim SCAC, Miss Nuril, Kak Monica yang sangat berperan besar dalam perlombaan GEMASTIK XV 2022. Terima kasih telah membimbing serta membantu kami dari segala kebutuhan yang diperlukan. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan. Terima kasih banyak untuk tim Cipher yang sudah berjuang dari awal sampai ke tahap ini. “