School of Information Systems

Semangat Akhir Tahun Tidak Padam! Berhasil Dapat 2 Juara di ISCC 2022

10 Desember 2022 – Selamat kepada Edward, Lisa, dan Iona dari Tim Cipher yang berhasil menjadi juara 1 dan Rosa, Stella, dan Sherine dari Tim Castigator yang berhasil menjadi juara 3 pada lomba business case Information System Case Competition (ISCC) 2022 yang diadakan oleh Basis, Binus International.

Ketiga anggota tim Castgator merupakan bagian dari Information Systems Case Study Club Member, sedangkan anggota tim Cipher merupakan bagian dari Information Systems Laboratory Assistant dan Information Systems Case Study Club Member. Mereka tertantang untuk mengikuti lomba ISCC 2022 yang merupakan ajang perlombaan internasional business case tahunan, ditengah kesibukan mereka lainnya. ISCC 2022, diadakan secara onsite di Kampus Binus FX. Perlombaan tahun ini memiliki 2 tahapan, yaitu tahap semifinal dan final dimana sesuai dengan tema kompetisi tahun ini, yaitu “Technology in Urban Agriculture,” peserta diminta untuk memberikan solusi untuk memanfaatkan teknologi terhadap permasalahan yang terjadi di bidang urban agriculture.

8 Desember 2022, merupakan hari diadakannya tahapan semi-final dari ISCC 2022. Pada tahapan ini, seluruh peserta diminta untuk mengerjakan case study selama total waktu 10 jam untuk kemudian menghasilkan proposal dan file pitch deck. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta yang ditantang untuk memberikan solusi terbaiknya menggunakan bahasa Inggris, dalam waktu yang terbatas. Tak sampai disitu saja, ketiga peserta dalam sebuah tim ditantang untuk bisa mengerjakan kasus yang ada, hanya dengan menggunakan 2 laptop sebagai alat bantu pengerjaan case dimana kedua laptop tersebut dipasang alat tracker untuk mengawasi aktivitas yang dilakukan oleh peserta. Peserta juga tidak dapat menggunakan handphone mereka dalam kurun waktu tersebut karena dikumpulkan ke pihak panitia. Satu jam terakhir, Pak Freddy Jingga selaku coach memberikan arahan dan masukkan terhadap hasil karya yang telah dibuat oleh tim Castigator.

9 Desember 2022, merupakan hari final dari ISCC 2022. Peserta diminta untuk mempresentasikan hasil karya nya kepada kedua juri yang berasal dari Queensland University of Technology, selaku salah satu sponsor dari ISCC 2022. Setiap tim akan masuk ke sebuah ruangan untuk memberikan presentasi terbaik mereka. Di sore hari, waktu pengumuman pun tiba dan kedua tim yang merupakan perwakilan dari School of Information Systems, mampu meraih juara. Juara 1 dimenangkan oleh Tim Cipher dan juara 3 dimenangkan oleh Tim Castigator. Selamat kepada kedua tim yang sudah bekerja keras!

Berikut adalah kesan dan pesan yang disampaikan oleh masing-masing anggota tim Cipher:

  • Edward: “Sangat senang bisa bekerjasama lagi dengan tim yang hebat. Walaupun kami di challenge dengan waktu pengerjaan yang sangat singkat, kami masih bisa memberikan usaha terbaik kami.”
  • Iona: “Bangga dengan kerjasama tim yang sangat baik. Walau dihambat waktu, kami tetap percaya pada proses dan berusaha sebaik mungkin.”
  • Lisa: “Lomba end-year closing yang super challenging karena baru pertama kalinya dalam jumlah waktu yang terbatas, kita harus nyelesaiin ga cuma 1 output tapi 2 output yaitu ppt+proposal. Ditambah lagi cuma menggunakan 2 laptop. But again, I’m really grateful to have a chance to work with such a great team.

Berikut adalah kesan dan pesan dari tim Castigator:

“Lomba nya sangat insightful! Banyak experience baru yang kita dapat. Ini lomba pertama kita di skala internasional, dan syukur kita dikasih rezeki untuk menang. Kami belajar untuk selalu percaya diri sama kemampuan yang kita punya, sekalipun ada orang lain yang punya kemampuan yang lebih dari kita. Kita bisa, asal kita percaya sama kemampuan yang kita punya.”

Terima kasih dan selamat kepada Tim Cipher dan Tim Castigator atas komitmen, semangat, dan kerja keras kalian hingga bisa menjadi juara! Sampai jumpa diperlombaan berikutnya!