Contoh kategori berdasarkan McFarlan IT- Impact Matrix (bagian 1)
Di bawah ini adalah beberapa contoh perusahaan yang dikategorikan berdasarkan matriks McFarlan.
- IT Sebagai Support
Pada umumnya IT berperan sebagai support banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pabrik yang padat karya. Kita bisa lihat banyak pabrik-pabrik memanfaatkan IT hanya untuk perhitungan akuntansi saja dengan menggunakan komputer personal. Padahal IT dapat membantu lebih jauh dengan menggunakan website untuk marketing, transaksi jual-beli, dan lain-lain. Bahkan beberapa jaringan supermarket besar sudah mewajibkan pemasoknya untuk memasukkan data lewat jaringan internet.
- IT Sebagai Support (Garuda)
Garuda adalah perusahaan penerbangan yang berumur cukup tua. Tetapi saat ini inobasi IT-nya malah tertinggal dibandingkan pesaing-pesaingnya yang relatif baru. Sebagai salah satu contoh adalah online booking. Garuda baru saja meluncurkan online booking pada tahun 2009 dengan segala keterbatasannya, di saat pesaingnya yang relatif masih muda sudah jauh melaju beberapa tahun lebih awal.
- IT Sebagai Factory
Kawan Lama, sebuah perusahaan distribusi perangkat komersial dan industrial menggunakan IT untuk menunjang perusahaannya. IT digunakan berupa sistem informasi penjualan. Selain itu, Kawan Lama pada tahun 2011 meluncurkan online shopping (Wikipedia, 2014). Terlihat di sini bahwa IT sudah dapat mendukung kegiatan bisnis Kawan Lama secara baik. Akan tetapi, dalam menunjang strategi perusahaan dalam jangka panjang belum diterapkan oleh Kawan Lama.
- IT Sebagai Factory (Bank Syariah Mandiri)
Bank Syariah Mandiri merupakan bank syariah yang merupakan anak perusahaan Bank mandiri. Dengan label syariah-nya Bank Syariah Mandiri harus berdiri sendiri dalam mengimplementasikan teknologi. Saat ini Bank Syariah Mandiri dapat terus bertahan dengan layanan yang ada, dan bisa dibilang sama dengan bank besar lainnya. Walaupun terbatas, BSM sudah mempunyai ATM, internet banking, dan layanan teller yang online. Tetapi belum terlihat adanya inisiatif IT yang mendukung strategi BSM untuk masa depan.