School of Information Systems

Mencapai Keunggulan Bisnis dengan Mengintegrasikan CRM Enterprise

Customer Relationship Management atau CRM merupakan salah satu dari sekian banyak komponen kunci yang dibutuhkan di setiap perusahaan. CRM pada dasarnya mengatur interaksi antara perusahaan dengan pelanggan atau pelanggan potensial mereka. Proses CRM dimulai dari membangun kesadaran merek kepada pelanggan potensial dan diakhiri dengan mendukung dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Sebuah perusahaan yang tidak memiliki CRM akan jatuh dalam sekejap mata.

CRM adalah pemain besar dalam Sistem Perusahaan saat ini, ini disebut sebagai CRM Perusahaan. Enterprise CRM pada dasarnya adalah penerapan CRM di perusahaan level Enterprise yang memiliki banyak departemen, unit, dan tim. CRM sekarang memainkan peran penting dalam memberikan solusi untuk seluruh perusahaan daripada satu atau dua departemen. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu dipelajari dalam implementasi Enterprise CRM:

– Data Pelanggan Terpusat : Yang memiliki tujuan utama untuk menyusun data pelanggan dari berbagai sumber menjadi satu database terpusat. Dengan ini data pelanggan dapat diakses oleh banyak departemen, untuk meningkatkan pemahaman pelanggan mereka untuk interaksi yang lebih baik di masa depan.

– Pelaporan dan Analisis: Yang memberi pengguna kemampuan untuk menganalisis data pelanggan dengan mudah. Dengan ini pengguna akan memiliki kemampuan canggih untuk menganalisis data-data penting yang dibutuhkan.

– Keamanan: Aspek vital yang sangat penting dalam Enterprise CRM, terutama karena kami menggunakan pelanggan untuk mempercayakan data pribadi mereka kepada perusahaan. Perusahaan perlu menjaga kepercayaan mereka

dengan memastikan keamanan canggih hadir untuk menjaga data mereka aman dari ancaman.

Ada banyak Enterprise CRM yang tersedia untuk pembelian bagi perusahaan, SAP adalah salah satu contoh perusahaan yang menyediakan SAP CRM sebagai solusi bagi perusahaan untuk mengelola layanan pelanggan mereka, mengatur penjualan pemasaran, merampingkan penjualan dan meningkatkan hubungan pelanggan. SAP CRM memiliki banyak fitur utama yang mereka sediakan seperti:

– SAP Manajemen Penjualan: SAP CRM membangun

basis bagi perusahaan untuk dapat memimpin departemen penjualan mereka dengan SAP ini. SAP memungkinkan atau membantu departemen untuk melakukan analitik penjualan, manajemen peluang, dan peramalan penjualan.

– Manajemen Layanan: Membantu perusahaan untuk mengelola layanan pelanggan mereka, dengan merampingkan pesanan yang sedang berlangsung atau sebelumnya yang ada di kapal, analitik layanan, dan integrasi dengan pihak ketiga seperti email dan web lainnya.

– E-commerce: Itu sekarang menjadi tren saat ini karena pandemi Covid-19. Masyarakat cenderung lebih memilih belanja online daripada belanja tatap muka. SAP CRM memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah mengatur dan mengelola toko online mereka. Ini termasuk pemrosesan pesanan, pemeriksaan pelanggan, proses penetapan harga dan promosi yang diperlukan.

– Proses analitik dan pelaporan: SAP CRM membantu perusahaan untuk memantau dan mendapatkan informasi tentang perilaku pelanggan, kinerja penjualan, dan status pemasaran saat ini. Dengan menyediakan data tersebut, perusahaan akan dapat mengevaluasi posisi mereka saat ini dan melihat proses apa yang perlu mereka tingkatkan.

Kesimpulannya CRM jelas merupakan bagian integral untuk diintegrasikan dalam Sistem Perusahaan. Karena akan membantu perusahaan untuk mengelola hubungan pelanggan dan data pelanggan mereka dengan mudah. Belum lagi solusi CRM semakin banyak muncul di industri ini.

(Image dari: Optimizer)

References:

(Zendesk, 2023). What is Enterprise CRM Software. Retrieved from: https://www.zendesk.com/sell/crm/enterprise/

Marshall B. Romney, Paul J. Steinbart, Scott L. Summers, David A. Wood. (2021). Accounting Information Systems. England: Pearson Education Limited.

Luvai F. Motiwalla; Jeff Thompson (2014). Enterprise Systems for Management. New York: Pearson.

(SAP, n.d.) What is CRM?

Retrieved from: https://www.sap.com/sea/products/crm/what-is-crm.html

Elizabeth Nadia Liman