BINUS University bersama school of information system: Bangun Masa Depanmu dengan Teknologi yang Menyenangkan
Pernahkah kamu membayangkan mengubah buah-buahan menjadi keyboard atau mengendalikan game dengan sentuhan jari? Di Edu Fair kemarin, BINUS University bersama school of information system mengajak ratusan siswa SMA untuk merasakan pengalaman seru itu dengan Makey Makey acara ini di adakan pada ballroom mall taman palem lt 5. Pada Kamis, 14 November 2024. Yang berlangsung di jam 08.00 – 15.00 untuk acara tersebut.
Booth school of information system menjadi pusat perhatian dengan permainan Flappy Bird yang unik karena dibuat dengan menggunakan makey-makey dan juga dibalut dengan starofoam. Peserta siswa SMA yang sedang mencari perkuliahan diajak untuk mengendalikan burung dalam permainan ini hanya dengan menyentuh objek konduktif yang terhubung dengan Makey Makey. Dengan begitu, mereka tidak hanya bermain game, tetapi juga secara tidak langsung belajar tentang dasar-dasar pemrograman dan interaksi manusia-komputer. SMA yangikut serta cukup banyak khususnya datang dari berbagai macam daerah di jakarta berikut sebagian list dari sekolah-sekolah yang berinteraksi untuk datang yaitu SMAN 78, SMAK 1 Citra, SMA Alhuda, SMAN 2, SMK Budi Murni, SMA YPBDN, SMA AI Chasanda, SMKN 42, SMAN 84, SMKN 35, SMA Yadika 5, SMK Reformasi, SMA Cahaya Fadilah, SMA Santo Leo 2, SMKN 73, SMAN 19, SMAN 17, dan yang lainnya masih banyak yang berpartisipasi.
Mengapa Makey Makey Begitu Menarik?
- Belajar Sambil Bermain: Makey Makey mengubah pembelajaran menjadi pengalaman yang menyenangkan dan interaktif. Dengan mengubah benda-benda sehari-hari menjadi alat input komputer, proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah diingat. Bayangkan, Anda bisa membuat piano dari buah-buahan atau mengendalikan robot dengan tanah liat!
- Kreativitas Tanpa Batas: Makey Makey memicu kreativitas tanpa batas. Anda tidak hanya terbatas pada proyek-proyek yang sudah ada, tetapi juga bisa menciptakan proyek unik sesuai dengan imajinasi Anda. Misalnya, Anda bisa membuat game khusus dengan aturan yang Anda buat sendiri, atau menciptakan alat musik yang menghasilkan suara-suara yang tidak biasa.
- Mendekatkan Teknologi: Makey Makey membuat teknologi terasa lebih dekat dan mudah dipelajari. Anda tidak perlu menjadi ahli pemrograman untuk bisa membuat proyek dengan Makey Makey. Cukup dengan sedikit kreativitas dan logika, Anda sudah bisa membuat sesuatu yang menarik. Selain itu, Makey Makey juga menjadi pintu masuk untuk mempelajari konsep-konsep dasar elektronika dan pemrograman.
- Membangun Keterampilan Abad 21: Menggunakan Makey Makey membantu mengembangkan berbagai keterampilan penting abad 21, seperti:
- Pemecahan masalah: Menghadapi tantangan saat membuat proyek dan mencari solusi yang kreatif.
- Berpikir kritis: Menganalisis bagaimana sistem bekerja dan membuat keputusan berdasarkan data yang ada.
- Kolaborasi: Bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan proyek yang lebih besar.
- Kreativitas: Menciptakan ide-ide baru dan mengekspresikan diri melalui proyek.
- Membuat Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan: Dengan Makey Makey, belajar tidak lagi membosankan. Anda akan merasa lebih termotivasi untuk terus belajar dan bereksperimen.
- Meningkatkan Minat pada STEM: Makey Makey adalah alat yang sangat baik untuk memperkenalkan konsep-konsep STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) kepada anak-anak dan remaja. Dengan menggunakan Makey Makey, mereka akan lebih tertarik untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi.
Apa hubungannya dengan school of information system di BINUS University?
Dengan mengikuti program studi di school of information system di BINUS University, peserta akan memiliki kesempatan untuk:
- Menguasai teknologi terkini: Pelajari bahasa pemrograman, pengembangan aplikasi, dan berbagai teknologi lainnya yang sedang tren.
- Mengembangkan proyek inovatif: Gunakan pengetahuan yang didapatkan untuk menciptakan solusi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.
- Bergabung dengan komunitas yang dinamis: Berkolaborasi dengan teman-teman sejawat dan dosen yang berpengalaman.
Peningkatan:
- Fokus pada Makey Makey: ini lebih menekankan pada bagaimana Makey Makey menarik peserta dan mengaitkannya dengan pembelajaran informatika.
- Manfaat belajar: Dijelaskan secara jelas manfaat apa yang diperoleh peserta dari bermain Makey Makey.
- Hubungan dengan program studi: Dibuat hubungan yang jelas antara pengalaman dengan Makey Makey dan apa yang akan dipelajari di School of information system di Binus university.