School of Information Systems

Strategi SEO – Meningkatkan Page Rank di Google

Terdapat berbagai macam strategi SEO untuk meningkatkan posisi website perusahaan pada mesin pencarian Google, diantaranya adalah menggunakan keyword relevan yang digunakan customer untuk mencari produk/ layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

1. Keyword di dalam website

Masukan ‘keyword’ (kata atau frasa) sesuai dengan apa yang dicari oleh customer terkait bisnis perusahaan. Perusahaan bisa memasukan keyword tersebut pada:

• Judul halaman

• Deskripsi dan isi halaman

• Beri deskripsi pada source image (upload file gambar dengan nama file yang menjelaskan gambar tersebut).

Untuk mengetahui keyword yang tepat yang bisa meningkatkan popularitas website, dapat dilakukan hal dibawah ini:

• Keyword research

• Amati dimana posisi bisnis untuk keyword spesifik

• Analisa gaps pada kinerja SEO

• Review hasil dan sesuaikan dengan rencana SEO

2. Keyword di luar website (backlink/ social media)

Baclink adalah suatu istilah yang merujuk pada link dari website lain menuju website perusahaan. Agar efektif, website tersebut harus berkualitas. Dapat juga dengan membuat link dari website perusahaan dari page yang berbeda. Misal membuat blog page, disertai link menuju ke page tertentu (misalnya reservasi dan pembelian). Atau dapat juga membuat orang untuk membuat artikel tentang bisnis/ produk perusahaan dan mencantumkan link ke website perusahaan, ini disebut juga sebagai ‘Content Marketing’.

Disisi lain, social media juga memainkan peranan penting untuk meningkatkan kedaran dan ketertarikan customer pada produk perusahaan. Perusahaan dapat menyelipkan link produk/ layanan perusahaan melalui social media untuk meningkatkan populatitas website.

Source:

Wijaya, Mahaning I.

Yakob Utama Chandra