School of Information Systems

Rangkuman Jurnal JATIT BI Dashboard to Support Decision Making on Product Promotion for Payment/Purchase Transactions on E-Banking

Berikut ini akan merangkum detail Journal yang berjudul “BI Dashboard to Support Decision Making on Product Promotion for Payment/Purchase Transactions on E-Banking” Dimana jurnal ini telah terbit di Scopus JATIT (Journal of Theoretical and Applied Information Technology) pada tanggal 15 Agustus 2021. Vol.99. No 15. ISSN: 1992-8645 dan E-ISSN: 1817-3195. Berikut link rujukannya : https://www.jatit.org/volumes/Vol99No15/5Vol99No15.pdf

Penelitian ini membahas tentang Perkembangan teknologi di sektor perbankan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan dengan lebih efisien. Salah satu metode transaksi yang banyak digunakan adalah e-banking, yang mencakup Mobile Banking dan Internet Banking. Penggunaan e-banking di Indonesia meningkat, yang mendorong bank untuk membuat program yang menarik bagi pelanggan setia, seperti memberikan berbagai promo. Namun, strategi promo ini akan sia-sia jika tidak dilaksanakan dengan baik. Bank perlu menyesuaikan harapan pelanggan dan menyediakan layanan yang sesuai berdasarkan riwayat transaksi untuk meningkatkan penggunaan e-banking. PT XXX adalah perusahaan perbankan yang memiliki pelanggan di seluruh Indonesia dan saat ini proses pengumpulan data, visualisasi data, dan keputusan promosi masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel dan Pivot Table.

PT XXX adalah sebuah perusahaan perbankan yang memiliki pelanggan tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, semua proses pengumpulan data, visualisasi data, dan keputusan promosi di PT XXX masih dilakukan secara manual menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Pivot Table. Berdasarkan wawancara dengan manajemen PT XXX, terdapat beberapa masalah terkait keputusan promosi, yaitu:

– Data yang diperoleh dari Microsoft Excel masih dalam bentuk data mentah dan membutuhkan waktu untuk diproses menjadi informasi yang berguna.

– Batasan data yang dapat disimpan dan diproses dalam Microsoft Excel membuat proses monitoring tidak efisien.

– Proses pelaporan membutuhkan waktu yang lama hingga informasi tersebut mencapai manajemen.

Metode

Dalam penelitian ini, dataset yang digunakan adalah data keuangan e-banking (internet dan mobile banking) dari PT XXX dari tahun 2016 hingga 2020. Dataset ini berisi data pelanggan, data transaksi, dan data produk. Data transaksi direkam dalam setiap proses transaksi, seperti penjualan, pesanan penjualan, pesanan pembelian, pesanan pengiriman, dan pesanan kuantitas.

Hasil

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Business Intelligence (BI) dapat memproses data mentah menjadi informasi yang berguna dan mendukung keputusan perusahaan. BI Dashboard dengan metode K-Means digunakan untuk mengelompokkan data menjadi karakteristik yang paling dekat. Terdapat 4 kelompok dalam data keseluruhan berdasarkan metode elbow.

Evaluasi dan Validasi

Tes usabilitas dilakukan oleh dua responden, yaitu Kepala Bagian dan Kepala Bagian IT di PT XXX. Tujuan tes usabilitas adalah untuk mengukur tingkat efektifitas, efisiensi, kenyamanan, dan kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem BI Dashboard dengan K-Means menggunakan skala Likert.

Kesimpulan:

Penggunaan e-banking oleh pelanggan di Indonesia semakin meningkat. Untuk memproses dan memvisualisasikan sejumlah besar data untuk pengambilan keputusan, seperti promosi, diperlukan teknik khusus yang memudahkan manajemen dalam menentukan keputusan promosi. Penggunaan BI Dashboard dengan metode K-Means terbukti mampu menangani pemrosesan data yang besar dibandingkan dengan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Pengetahuan manajemen dengan BI Dashboard meningkat sebesar 64%, yang membuat informasi lebih informatif dan dapat digunakan dalam kebutuhan mendesak. Pekerjaan di masa depan dapat mengembangkan BI Dashboard dengan metode K-Means menjadi bentuk web-mobile sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Proses rekomendasi pada data selain transaksi di bidang perbankan juga dapat diterapkan di bidang lain. BI Dashboard dengan K-Means digunakan untuk mendukung keputusan promosi produk untuk transaksi pembayaran dan pembelian di e-banking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BI Dashboard dapat meningkatkan pengetahuan manajemen secara signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini, BI Dashboard dengan algoritma K-Means, adalah metode yang tepat untuk digunakan sebagai bantuan keputusan untuk rekomendasi promosi produk di PT XXX.

 

Sumber : Journal “BI Dashboard to Support Decision Making on Product Promotion for Payment/Purchase Transactions on E-Banking” Dimana jurnal ini telah terbit di Scopus JATIT (Journal of Theoretical and Applied Information Technology) pada tanggal 15 Agustus 2021. Vol.99. No 15. ISSN: 1992-8645 dan E-ISSN: 1817-3195. Berikut link rujukannya : https://www.jatit.org/volumes/Vol99No15/5Vol99No15.pdf

Septian Eka Ady Buananta