PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE INSTAGRAM
Proses Bisnis
Pada dasarnya, pengguna menggunakan instagram untuk berinteraksi dengan orang lain. Fitur utama yang ada pada instagram adalah upload foto dan video melalui feeds dan story. Caranya adalah dengan mengklik simbol fitur posting, memperbolehkan instagram mengakses galeri pada gawai masing-masing, dan memilih foto atau video yang diinginkan. Kemudian, instagram juga memiliki fitur utama seperti instagram live di mana suatu pengguna dapat menyiarkan video tayangan langsung dari akun masing-masing. Sehingga, dapat dikatakan bahwa instagram merupakan salah satu media sosial yang berbasis foto dan video. Selain itu, aplikasi instagram juga memfasilitasi penggunanya untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks seperti pada fitur komen dan direct message. Aplikasi instagram tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, tapi juga dapat digunakan untuk berjualan. Pengguna dapat mempromosikan produknya melalui unggahan foto atau video.
S.W.O.T. Analysis
- Strength
- Insight yang luas: Developer dapat memiliki insight yang lebih luas mengenai aplikasi mereka sehingga developer dapat meningkatkan fitur ataupun kinerja aplikasi mereka
- Sumber informasi yang luas: Instagram memiliki berbagai macam user dari berbagai macam negara yang memudahkan mereka untuk menganalisis dan mengintegrasikan data dari letak geografis maupun perilaku masyarakat berdasarkan daerah
- Weakness
- Limitasi data: Perusahaan besar, seperti Instagram tentunya memiliki limitasi terhadap data mereka, seperti data pengguna sehingga mempersulit analisa Business Intelligence
- Ketergantungan pada Algoritma: Perubahan algoritma Instagram dapat mempengaruhi keterbacaan data dan analisis yang akurat.
- Opportunity
- Ekspansi pasar > Instagram bisa menjangkau lebih banyak pengguna di market mereka karena masih banyak orang yang belum menggunakan instagram.
- Monetisasi fitur > Selama ini, banyak fitur di instagram masih belum berbayar. Instagram dapat membuat beberapa fitur (seperti reels) menjadi berbayar supaya bisa meningkatkan pendapatan mereka.
- Teknologi baru > Di jaman sekarang sudah muncul teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Instagram dapat menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Misalnya, dapat membuat objeknya muncul ketika pengguna melakukan scanning terhadap barcode.
- Threat
- Munculnya banyak platform baru > Seperti yang kita tahu, banyak kompetitor-kompetitor Instagram yang juga melakukan adaptasi perubahan seperti twitter yang merubah namanya sekaligus tampilannya agar lebih nyaman di mata pengguna.
- Perubahan tren > Manusia memiliki sifat bosan, bisa saja pada suatu saat nanti manusia merasa bosan dengan tampilan dan fitur dari aplikasi instagram. Oleh karena itu, instagram harus berinovasi secara terus menerus.
- Ancaman cyber security > DI jaman sekarang, sudah banyak orang yang jago coding sehingga mereka bisa membuat metode-metode atau cara yang bertujuan untuk mengambil data pengguna, maupun meretas database dari Instagram. Hal ini tentu berbahaya karena Instagram memiliki kewajiban untuk melindungi data penggunanya.