School of Information Systems

See How Castigator Win Again? Very Demure, Very Mindful, Very Smart

20 Agustus 2024 – Tim Castigator yang beranggotakan Angeline Cahyadi dari jurusan Information Systems and Accounting dan Rosa Palibo dari Information Systems and Management region kampus Binus@Kemanggisan telah menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Juara 3 Nasional pada ajang bergengsi ASEAN Data Science Explorer 2024. Kompetisi ini terdiri dari dua tahap penting, yaitu tahap preliminary dan final. Pada tahap preliminary, tim Castigator mengumpulkan storyboard yang menggambarkan ide mereka dalam mengatasi permasalahan krusial di Indonesia. Bersama dengan 10 finalis lainnya, Tim Castigator berhasil lolos ke tahap final dan diundang untuk melakukan presentasi akan storyboard yang telah mereka buat pada tahap preliminary.

Setelah dinyatakan lolos ke tahap final, tim Castigator melakukan presentasi final pada tanggal 20 Oktober di SAP Office di hadapan para juri dan 9 finalis lainnya. Dalam proyek yang dikerjakan, tim castigator melakukan analisa data menggunakan tools SAP dan fokus pada permasalahan SDG 6 yaitu ‘Akses Air Bersih dan Sanitasi’. Bukan hanya melakukan analisa masalah yang kuat, tim juga memberikan solusi inovatif yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pengelolaan stress level air di Indonesia. Solusi ini dianggap sebagai langkah penting dalam meningkatkan sistem pembuangan air di Indonesia, yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

Penampilan tim Castigator di tahap final ini mendapat apresiasi tinggi dari para juri, yang kagum dengan ketajaman analisis data serta kemampuan mereka dalam menyampaikan solusi yang relevan dan aplikatif. Keberhasilan mereka dalam meraih Juara 3 Nasional tidak hanya menjadi kebanggaan bagi tim, tetapi juga menjadi inspirasi untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan bangsa melalui pemanfaatan teknologi dan data science.

Berikut pesan & kesan dari tim Castigator dalam mengikuti lomba ADSE 2024:

Rosa Palibo: Ini tahun ketiga aku buat ikut lomba adse dan finally i made it! setelah banyak belajar dari kesalahan sebelumnya, akhirnya dapet kesempatan buat jadi finalist dan bersyukur banget bisa menang jadi juara tiga di national finalist indonesia tahun ini. keep the hard work and enjoy the process menurut kita penting bgt. as long as kita punya kesempatan dan kemauan, gada yang ga mungkin. semoga pencapaian kami bisa memotivasi teman teman lain yang sedang berproses juga!

Angeline Cahyadi: Lomba kali ini sangat berkesan bagi kami, karena kami sangat tidak menyangka dapat lolos ke babak final 10 besar. Pada hari final tentu kami melihat ide-ide dan presentasi dari tim lain yang juga luar biasa, tapi Puji Tuhan kami berkesempatan untuk mendapatkan 2nd Runner Up dari lomba ADSE ini. Terima kasih banyak untuk Bu Eka yang sudah membimbing kami selama perlombaan ini. Kak Monic selaku mentor dan juga Ci Lisa yang telah mendampingi kami pada acara final. Kami berharap pencapaian kami ini dapat memotivasi teman-teman semua yang ingin atau sedang berkompetisi