Teknik untuk mengumpulkan informasi pada pembangunan sistem
Information gathering menurut umum adalah tahap awal yang bertujuan untuk mengumpulkan data informasi mengenai target yang ditentukan. Definisi information gathering sendiri menurut saya juga adalah tahap dimana memiliki tujuan untuk mendapatkan data sebanyak-banyaknya tentang hal yang ingin diketahui atau hal-hal kecil tentang target yang sedang kita analasi, perumpamaan nya sama dengan pelatih atlet yang mengobservasi atletnya kemudian mengumpulkan semua data-data tentang atlet itu dari profilenya, kebiasaannya, cara dia berlatih, dan lain sebagainya. Dari data yang didapatkan oleh pelatih atlet akan membuahkan hasil yaitu data lengkap tentang atletnya yang dapat digunakan untuk membuat atletnya berkembang dan juga semakin ahli. Dalam information gathering juga terdapat beberapa strategi yang bisa digunakan, seperti pelatih atlet yang melakukan observarsi pada atletnya, strategi pelatih mengumpulkan data adalah dari cara atlet berlatih, kebiasaan atlet, dan Kerjasama atlet dengan tim atau sesama atlet.
- Observasi adalah salah satu stategi yang bisa digunakan dalam information gathering, tetapi sifat observasi bersifat objektif sehingga informasi yang didapatpun kadang dapat bersifat individual.
Kemudian didalam dunia bisnis, ketika human resource atau yang biasa disebut tim HR melakukan requitement mereka biasanya akan mengecek CV dari pelamar kemudian mereka akan meng-analisis dan menilai pelamar dari cara mereka membuat CV, bentuk CV, penjelasan, dan juga infromasi-informasi penting didalam CV pelamar. Apakah sesuai dengan dengan kebutuhan perusahaan mereka pada saat itu. Analisa yang dilakukan berfungsi untuk mengumpulkan data tentang sesuatu yang dicari atau dibutuhkan agar tim HR tidak perlu kesulitan untuk menerima pegawai yang perusahaan butuhkan.
- Analisis adalah strategi mengumpulkan informasi dengan cara penyelidikan terhadap suatu peristiwa perbuatan, karangan dan lain-lain. Dan juga merupakan upaya yang dilakukan untuk mengamati sesuatu secara mendalam dan mendetail melalui proses penguraian berbagai komponen pembentuknya atau juga penyusunan kompenen tersebut untuk dipelajari atau diselidiki lebih lanjut.
Dan ketika perusahaan sedang ingin melakukan kerja sama dengan perusahaan, hal yang biasanya perusahaan lakukan adalah melakukan observasi tentang perusahaan, kemudian analisis terhadap perusahaan tersebut untuk menemukan kelebihan dan kekurangan perusahaan tersebut, dan melakukan research tentang perusahaan tersebut.
Saat melakukan mengumpulkan informasi lewat observasi hal-hal yang dapat dilakukan adalah:
- Melihat dan mepelajari dokumen bisnis
- Kemudian memperlajari informasi tentang bisnis melalui activity diagram yang didapatkan.
Dengan analisis yang dapat dilakukan adalah:
- Mengamati bisnis perusahaan
- Menganalisa dari data yang didaptkan dari informasi observasi bisnis perusahaan.
Ada strategi lainnya juga dalam information gathering:
- Melakukan interview,
- Membuat dan mengumpulkan quesitionner,
- Melakukan research pada solusi,
- Mengumpulkan komentar aktif dan saran.
Melakukan interview kepada dapat menjadi salah satu stategi, dengan melakukan interview pada mereka yang berkaitan akan memberikan kita informasi-informasi yang didasari dari pengalaman dan kemampuan mereka. Dalam melakukan interview harus ada beberapa persiapan, yaitu:
- Menyiapkan pertanyaan yang detail,
- Bertemu dengan secara individu atau dalam grup,
- Mendiskusikan jawaban yang didapatkan,
- Mengumpulkan jawaban,
- Dan mendiskusi pertemuan berikutnya untuk meng-update informasi.
Referensi:
– Book System Analysis and Design Changing World seventh edition,
-https://newbinusmaya.binus.ac.id/lms/view-article/8136fb10-1ec1-4963-b0f8-a7fe9f3b5835/365dcdee-329f-4a98-94fb-e0af48928c6c/c8afec4a-67ae-4be7-8056-42c1fa10fb94
Dibuat oleh :
2501972316 – Shelyca Thennida – Sistem Informasi
D5181 – Ferdianto, S.Kom, M.MSI