School of Information Systems

Mengenali Elemen Penting Interface, WIMP pada Windows dan MacOS

Dalam merancang sebuah tampilan atau interface digital, terdapat unsur-unsur penting yang perlu diperhatikan untuk menghubungkan interaksi yang tercipta antara pengguna dengan perangkat digital. Unsur-unsur utama tersebut sering dikenal sebagai WIMP. Dalam menggunakan WIMP, aspek penting yang perlu ditekankan adalah pada cara pengguna berinteraksi serta menggunakan perangkat digital, dikatakan demikian sebab WIMP memungkinkan pengguna untuk memanipulasi objek dengan memberikan perintah (command) pada perangkat. Adapun penggunaan atas WIMP Interface sering dijumpai pada Microsoft Windows untuk PC, MacOs untuk Apple, berbagai sistem berbasis X Windows untuk UNIX, dan lain-lain. \

WIMP merupakan singkatan dari windows, icons, menus dan pointer. Empat hal tersebutlah yang menjadi sebuah dasar tampilan dan interaksi dari perangkat digital. Dimana keempat hal tersebut secara singkat dapat diartikan sebagai berikut:

− Window, merupakan sebuah media untuk memberikan tampilan grafis perangkat. Windows memungkinkan perangkat untuk menjalankan program secara terisolasi atau terpisah dengan program lainnya pada waktu yang sama. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan program yang ada dalam perangkat digital.

 − Icon, merupakan simbol-simbol yang tersebar dalam tampilan perangkat digital. Berbagai simbol ini dapat mewakili berbagai interaksi yang dilakukan dengan perangkat digital. Dengan kata lain, icons dapat menjadi jalan pintas yang memudahkan pengguna dalam memberikan perintah kepada perangkat digital untuk menjalankan tugasnya.

− Menu, merupakan daftar opsi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk memberikan perintah kepada perangkat digital. Walaupun sama-sama menjadi media untuk menghantarkan perintah pada perangkat digital, menu dan icon memiliki perbedaan utama, yaitu menu berbasis utama pada teks dan icon berbasis utama pada penggunaan gambar atau simbol yang mewakili perintah.

 − Pointer, merupakan sebuah penunjuk yang mewakili pergerakan perangkat fisik yang dikontrol pengguna untuk memberikan perintah pada perangkat digital. Adapun Contoh perangkat fisik yang digunakan untuk menggerakan pointer pada tampilan perangkat digital sebagai perwakilan pengguna adalah mouse serta trackpad yang dapat digerakkan secara langsung oleh pengguna.

Penerapan elemen-elemen WIMP (windows, icons, menus dan pointer) ini dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan dalam melakukan human-computer interaction (HCI) dengan meniru interaksi pada dunia nyata dan memberikan kemudahan penggunaan bagi orang awam yang kurang paham terkait dengan teknis digital. WIMP secara sederhana dapat mewakili instruksi pengguna untuk memberikan perintah sederhana yang nantinya akan dijalankan oleh perangkat digital. WIMP tentunya dapat selalu dijumpai di berbagai perangkat digital. Contohnya adalah sistem windows pada perangkat PC, serta sistem MacOS yang dikembangkan oleh Apple.

WIMP pada kedua sistem perangkat lunak tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu pada dasarnya ialah untuk membantu memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan komputer. Namun, perkembangan tampilan WIMP pada kedua sistem tersebut memiliki perbedaan tertentu. Berikut adalah perbandingan dari interface WIMP (windows, icons, menus dan pointer) dari perangkat yang menggunakan sistem windows serta perangkat yang menggunakan sistem MacOS:

Windows

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, window (jendela) mengacu kepada sebuah media yang memisahkan program-program yang sedang berjalan dalam perangkat digital. Pada perangkat Windows dan MacOS, window (jendela) digambarkan dengan layar-layar yang dapat dibuka secara maximize atau minimize. Window (jendela) yang sedang berada pada mode minimize dapat dibuka secara bertumpuk dan berjalan secara bersamaan.

Meski demikian, window (jendela) tetap memberikan batasan dari program tersebut dengan maksud untuk memudahkan pengguna sebagai sumber perintah dari berjalannya program di dalam perangkat digital tersebut. Perbedaan yang cukup mencolok dari window pada perangkat Windows dengan MacOS adalah pada tombol yang terletak di title bar. Walaupun memiliki fungsi yang kurang lebih sama, tampilan dari tombol-tombol tersebut berbeda, seperti yang terlihat dalam gambar.

Icons Perangkat Windows serta MacOs tentunya turut dipenuhi dengan adanya icon yang merepresentasikan interaksi yang dapat dilakukan pengguna dengan perangkat. Icon pada perangkat Windows dengan MacOS memiliki perbedaan yang cukup signifikan, dimana Windows memberikan icon dengan tampilan yang merepresentasikan sebuah interaksi dengan gambar yang mirip dengan dunia nyata, sedangkan MacOS memberikan icon yang tampak lebih minimalis namun tidak menghilangkan kemiripan dengan dunia nyata.

Baik Windows dan MacOS merancang icon yang merepresentasikan sesuatu yang ada di dunia nyata dikarenakan agar pengguna secara natural akan dengan mudah memahami interaksi apa yang akan terjadi ketika mereka memberikan perintah dengan menekan icon tersebut. Menus Seperti gambar yang ada di atas, dapat dilihat bahwa menu memberikan banyak opsi perintah yang diwakili oleh kata perintah yang dapat dipilih oleh pengguna dalam melakukan interaksi. Pada perangkat dengan sistem Windows, menu digambarkan dengan kata-kata dan beberapa menu masih disertai dengan icon. Sedangkan, menu pada perangkat dengan sistem

MacOS digambarkan dengan kata-kata beserta shortcut yang dapat ditekan pada keyboard untuk menjalankan perintah dan interaksi dengan perangkat.

Pointer

Komponen terakhir pada WIMP adalah pointer, dimana tampilan dari pointer ini sendiri dimaksudkan untuk menjembatani interaksi pengguna dengan perangkat. Tampilan pointer pada Windows dengan MacOS tidak jauh berbeda, yaitu utamanya digambarkan dengan panah.

Panah ini sendiri merepresentasikan gerakan yang dilakukan oleh pengguna pada hardware penghubung (mouse dan trackpad). Pointer memungkinkan pengguna untuk mengetahui secara persis dimana letak kursor berada dan gerakan pada arah mana untuk memilih sesuatu. Dengan adanya pointer, maka pengguna akan dengan mudah terhubung dengan tampilan perangkat untuk melakukan interaksi dan memberikan perintah.

Refrensi

  • Benyon, D. (2019). Designing User Experience: A guide to HCI, UX and interaction design (4th Edition). 04. Pearson. United Kingdom.
  • Perlman, M. (12 November 2019). ‘WIMP,’ and its role in the evolution in technology. https://www.cjr.org/language_corner/wimp-computers.php
  • Technopedia. Windows, Icons, Menus And Pointing Device (WIMP) . https://www.techopedia.com/definition/4687/windows-icons-menus-and-pointingdevice-wimp
Catherin Saputri Lie, Ferdianto