School of Information Systems

Pemasaran Bisnis Secara Global (Bagian 2)

c. Telemarketing

Telemarketing (Pemasaran via Telepon) adalah kegiatan promosi yang dilakukan dengan menggunakan metode panggilan telepon dan mensosialisasikan produk, yang kemudian melakukan pertemuan tatap muka, atau pengiriman barang kepada pembeli. Pada jenis Pemasaran ini, Para ahli menyebutkan telemarketing punya peluang yang lebih besar dalam menggaet konsumen, karena menggunakan metode visual walau tidak bertemu langsung dengan target. Beberapa tips sukses telemarketing antara lain adalah berbicara dengan sopan, mengenal calon terlebih dahulu dan menjelaskan kriteria produk dengan baik.

Namun pada prakteknya, metode telemarketing akan berdampak buruk bila ditujukan bagi calon yang kurang potensial, untuk itu perlu kiranya meriset terlebih dahulu dengan menyelidiki identitas calon pembeli yang akan dihubungi.

d. Kios Marketing

Kios Marketing adalah gaya Pemasaran modern yang menciptakan mesin penerima pelanggan, dan umumnya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar, dengan menempatkan mesin tersebut di beberapa toko milik mereka. Berbeda dengan penjual otomatis, mesin kios ini akan memungkinkan calon pelanggan untuk menentukan keinginan pelanggan dalam menemukam jenis barang/jasa yang dikehendakinya. Jika barang tidak tersedia di toko tersebut, maka pembeli akan menggunakan telepon yang terdapat pada mesin dan memasukkan kartu kredit, serta mendapatkan informasi mengenai kemana barang/jasa pesanannya akan dikirimkan.

e. Online Marketing Online Marketing adalah Kegiatan Promosi yang memanfaatkan pihak ketiga (Media Sosial), baik dilakukan sendiri maupun memakai jasa media sosial itu sendiri seperti Google AdWords dan Facebook Ads. Jenis Pemasaran secara online akan menjangkau lebih luas calon konsumen, karena saling terhubung dan bisa berinteraksi dengan mudah. Contoh sederhana pemasaran di internet antara lain Toko Online, Blog/Website, Fanspage Facebook, Twitter dan Instagram.

1. Pemasaran tidak langsung

Pemasaran Tidak Langsung adalah strategi untuk mempromosikan suatu produk/jasa yang ditujukan untuk menyentuh dan mempengaruhi hasrat calon konsumen secara tidak langsung. Wujud pemasaran ini bisa ditemukan dalam bentuk Iklan, Humas, Tanggung Jawab Sosial dan Pemasaran Interaktif di Internet secara tidak langsung. Adapun contoh dari pemasaran secara tidak langsung, yaitu:

a. Media Iklan Dalam kehidupan sehari-hari, iklan sangat mudah sekali ditemukan, ini dikarenakan iklan ada dan berlaku di mana saja, baik televisi, koran, media cetak, radio dan lain-lain. Contoh Media iklan adalah Iklan Keluarga, iklan Niaga, iklan Pengumuman, Iklan Baris dan iklan layanan masyarakat.

b. Humas (Public Relation) Humas atau Hubungan Masyarakat Adalaj media yang dipergunakan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas, dalam rangka pemberian hal-hal penting, mulai dari radio, media cetak, online, broadcasting, special event dan media outdoor.

c. Pemasaran Interaktif (Media Online) Media Inter

Aktif adalah media yang cakupannya paling luas yaitu secara global. Platform online yang paling umum digunakan adalah Blog/Website. Metode ini kian berkembang karena didukung oleh kemajuan dunia digital dan sosial media secara besar-besaran.

TUJUAN PEMASARAN Ada juga beberapa tujuan dalam memasarkan suatu barang atau jasa yaitu sebagai berikut:

  • Memperkenalkan produk ke konsumen dan pasar
  • Memberikan dan menjelaskan spesifikasi serta manfaat dari produk
  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Menjadikan pelanggan baru sebagai pelanggan yang setia
  • Mengevaluasi kesalahan-kesalahan baik dari segi produk maupun gaya pemasaran yang dianut
  • Mengetahui tingkat persaingan usaha

Dari semua itu kita bisa lihat bahwa pemasaran bisnis secara global dapat diartikan sebagai proses pemusatan sumberdaya dan tujuan organisasi pada peluang pasar dalam melakukan sebuah bisnis atau membangun suatu perusahaan yang berskala internasional, dengan masing-masing pelaku pemasaran harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang ada kaitannya dengan pemasaran global. Sehingga mampu bersaing dengan baik dan juga mampu menguasai seluruh pasar internasional.

Referensi

  • https://www.academia.edu/26491485/BISNIS_ONLINE_SHOP_DIKALANGAN_MAHASISWA
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_global
  • https://www.academia.edu/34854708/Konsep_Fungsi_dan_Strategi_Pemasaran_dalam_Bisnis_Global
  • https://www.rapikan.com/2018/12/jenis-jenis-pemasaran-marketing.html
Mudhita Vanesia