School of Information Systems

Graphical User Interfaces (GUI) & Command Line Interface

Dalam semua perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, dan lain sebagainya sudah pasti memiliki yang disebut sebagai Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI) atau setidaknya memiliki CLI. Tanpa salah satu dari keduanya, pengguna tidak akan bisa berinteraksi dengan perangkat-perangkat tersebut.

Command Line Interface (CLI) adalah interface pengguna yang digunakan untuk berinteraksi dengan perangkat komputer dengan basis teks, sehingga untuk menjalankan suatu program, pengguna harus menuliskan barisan-barisan teks perintah.

Sedangkan, Graphical User Interface (GUI) adalah sistem komponen visual interaktif untuk perangkat lunak komputer yang berupa icon yang mewakili perintah yang ingin dikerjakan oleh pengguna.

Dalam menggunakan CLI maupun GUI, diperlukan input-input seperti mouse, keyboard, touchscreen, dan lain sebagainya.

Penciptaan Graphical User Interfaces (GUI) dilatar belakangi oleh penggunaan komputer yang sebenarnya sangat sulit untuk digunakan, tidak seperti sekarang. Misalnya untuk membuka aplikasi Microsoft Word, dulunya pengguna harus mengetikkan berbagai perintah yang tentu sangat sulit untuk digunakan pengguna awam, berbeda dengan sekarang yang hanya cukup menekan icon dari Microsoft Word yang berwarna biru saja.

GUI pertama kali dikembangkan di Xerox PARC oleh Alan Kay, Douglas Engelbart, dan sekelompok peneliti lainnya pada tahun 1981. Kemudian, Apple memperkenalkan komputer Lisa dengan GUI pada tanggal 19 Januari 1983.

Dari pernyataan-pernyataan diatas, terlihat GUI membawa kemudahan bagi pengguna, tetapi sebenarnya ada kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan GUI. Kelebihan dan kekurangan tersebut adalah:

Kelebihan

  • GUI menawarkan kemudahan untuk pengguna awam dalam mengoperasikan perangkat komputer, terutama jika pengguna tidak bisa melakukan coding sama sekali.
  • GUI membuat tampilan menjadi lebih menarik karena GUI bisa dibuat lebih berwarna dan berbentuk-bentuk.
  • GUI membuat semua orang mampu menggunakan perangkat komputer meskipun orang tersebut tidak memiliki keahlian khusus.

Kerugian

  • Karena GUI menggunakan grafis, maka diperlukan spesifikasi hardware yang lebih tinggi.
  • Tampilan dari GUI benar-benar bergantung pada pembuatnya, sehingga tidak jarang tampilan yang dibuat tidak sesuai dengan selera pengguna.
  • Dengan menggunakan hardware yang lebih tinggi, maka artinya akan ada konsumsi daya yang lebih besar.
  • GUI memang memudahkan banyak pengguna, tetapi tidak terlalu berguna bagi seorang ahli coding.

Contoh Command Line Interface

Contoh Graphical User Interfaces

Referensi:

Maryon Sandi Thioris, Ferdianto