School of Information Systems

Bisnis Model Canvas

Bisnis model canvas adalah suatu cara atau kerangka manajemen suatu bisnis yang dilakukan oleh suatu start up atau perusahaan untuk merancang bagaimana strategi bisnis dijalankan. BMC ini memiliki beberapa komponen atau kerangka yang sederhana yang bertujuan agar proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan dapat berjalan dengan semestinya, itulah bagaimana ini bisa disebut sebagai bisnis model canvas yang dibutuhkannya sebuah ide dari perusahaan tersebut dan perlu adanya pengembangan. 

Ada beberapa elemen yang dibutuhkan dalam pembuatan bisnis model canvas ini yaitu: 

  • Customer Segment 

Menggambarkan suatu kelompok atau pelanggan yang ingin kita tarik atau targetkan, penting untuk mengidentifikasi dan memahami Customer Segments dalam BMC karena setiap segmen pelanggan mungkin memiliki kebutuhan, preferensi, dan karakteristik yang berbeda. 

  • Value Propositions 

Bisa berupa sebuah solusi atas permasalahan yang terjadi pada bisnis anda ataupun masalah yang dihadapi pelanggan, baik solusi yang belum pernah ada maupun solusi baru yang sangat efektif. 

  • Channel 

Ini adalah suatu sarana interaksi antara pelanggan dengan bisnis kita misalnya yaitu sebuah platform yang kita gunakan contohnya yaitu website toko online ataupun sebuah aplikasi di smartphone kita. 

  • Customer Relationship 

Hal ini membantu kita dalam memilih strategi yang baik yaitu dengan berinteraksi dengan pelanggan. Misal dalam hal complain, kritik, hingga cara agar bisnis atau produk kita dapat dibeli secara terus menerus dengan pelanggan kita. 

  • Revenue Streams  

Ini adalah suatu pendapatan yang kita dapat misal jika bisnis yang kita miliki adalah sebuah bisnis baju berarti kita tidak hanya menjual baju tersebut secara langsung, kita juga bisa membuat ide dengan cara menjual baju kita di sebuah e-commerce tertentu misalnya Tokopedia, Shopee dan lain sebagainya. 

  • Key Activities 

Bisnis yang kita buat pasti adanya hal tertentu yang perlu kita perhatikan misalnya dalam sebuah aktiitas-aktivitas yang harus kita lihat, misal dalam bisnis baju kita pasti memastikan bahwa situs kita, tempat jualan di onlineshop kita harus berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan. Bisa juga dalam hal distribusi baju ke konsumen dan membuat sebuah promosi kepada customer. 

  • Key Resources  

Suatu hal yang dibutuhkan dalam berjualan, misal dalam berjualan baju kita harus mempunyai suatu Gudang khusus dalam menyimpan semua baju yang kita punya agar dapat memudahkan kita dalam melakukan jual beli secara langsung maupun onlineshop 

  • Key Partner 

Menunjukkan adanya sumber daya di luar perusahaan yang kita butuhkan agar berjalan dengan baik, misal website toko baju kita membutuhkan layanan hosting agar bisa diakses online, maka penyedia layanan hosting juga merupakan key partner Anda. Karena penting untuk membuat transaksi penjualan berjalan lancar, pilihlah layanan hosting yang dapat diandalkan seperti Niagahoster dan lainnya. 

  • Cost Structure 

Yang terakhir ini adalah sebuah elemen yang dibutuhkan dalam bisnis kita, yaitu berapa banyak pengeluaran yang kita butuhkan untuk mengoperasikan suatu bisnis baju, misal salah satunya adalah di channel dan key activity yang dimana kita membutuhkan adanya biaya membuat suatu situs atau adanya domain untuk bisnis yang kita jalankan, hal-hal yang membutuhkan suatu pengeluaran akan selalu diperhitungkan agar semua yang terjadi tidak gagal dalam arti kita semua sudah meminimalisirkan segala resiko yang ada. 

 

Vincentius Jovanic Lamhot