School of Information Systems

Pemasaran Bisnis Secara Global (Bagian1)

Pemasaran (marketing) adalah sebuah proses perancangan konsepsi Untuk saat ini, dunia tengah menghadapi yang namanya era baru dengan ditandai oleh kecenderungan globalisasi. Adapun factor yang menjadi pendorong terjadinya globalisas, seperti competitive drivers, government drivers, dan market drivers. Selain itu ada beberapa factor lain yang menjadi pendorong terjadinya globalisasi, antara lain globalisasi pasar-pasar finansial, penyempurnaan dalam bisnis travel, dan revolusi dalam teknologi informasi dan komunikasi.

Pemasaran global adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan secara internasional yang mempunyai bisnis global dengan strategi pemasaran, walaupun dengan produk yang sama diberbagai Negara. Untuk saat ini, pemasaran global sudah sangat meluas keseluruh penjuru dunia. Serta banyak juga barang atau produk luar negri yang sudah dijual dipasaran, kitapun dapat sangat mudah untuk menemukan produk luar negri yang dijual di Indonesia. Dengan adanya pemasaran global ini, ada beberapa dampak yang terjadi di berbagai Negara seperti, banyak Negara yang merasakan keuntungan dan ada juga beberapa Negara yang merasakan kerugian. Yang diartikan keuntungan dalam hal ini adalah negara mendapatkan penghasilan tambahan sebagai devisa Negara. Suatu Negara yang tidak dapat mengimbangi adanya globalisasi akan mendapatkan dampak minus dalam berbagai bidang, seperti berkurangnya eksport atau import suatu Negara, menurunnya nilai matauang, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit). Adapun pengertian laba/rugi, yaitu laba, keuntungan, atau profit dapat didefinisikan dengan dua cara, yang pertama Laba dalam ilmu ekonomi murni didefinisikan sebagai peningkatan kekayaan seorang investor sebagai hasil penanam modalnya, setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penanaman modal tersebut (termasuk di dalamnya, biaya kesempatan). Sementara itu, laba dalam akuntansi didefinisikan sebagai selisih antara harga penjualan dengan biaya produksi.

Laba merupakan elemen api yang paling menjadi perhatian pemakai karena angka laba diharapkan cukup kaya untuk merepresentasi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Akan tetapi, teori akuntansi sampai saat ini belum mencapai kemantapan dalam pemaknaan dan pengukuran laba. Oleh karena itu, berbeda dengan elemen air statemen keuangan lainnya, pembahasan laba meliputi tiga tataran, yaitu : semantik, sintaktik, dan pragmatik. Selain itu ada juga rugi adalah loss yaitu (KERUGIAN), jumlah pengeluaran atau biaya yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan yang diterima; dalam asuransi dapat pula diartikan sebagai besarnya pembayaran yang harus diberikan oleh penanggung kepada tertanggung atas terjadinya hal yang diasuransikan. Adapun macam-macam dalam pemasaran bisnis secara global, yaitu:

1. Pemasaran secara langsung (Direct Marketing)

Pemasaran langsung adalah kegiatan promosi yang dilakukan pihak tertentu dari badan usaha seperti Sales maupun pemilik usaha itu sendiri, untuk terjun langsung ke lapangan / pasar dalam rangka melakukan proses pengenalan produk dan penggaetan pelanggan, melalui strategi dan tahapan-tahapan pemasaran yang telah dirancang sebelumnya. Direct marketing disebut juga sebagai pemasaran tanpa pihak ketiga dalam proses jual-beli. Jenis Pemasaran Direct marketing dibagi beberapa macam antara lain Personal Selling,

Direct Mail Marketing, Catalog Marketing, Telemarketing, Kios Marketing dan Online Marketing.

a. Direct Mail Marketing

Pemasaran direct mail adalah kegiatan promosi yang memberikan penawaran, pengingat, informasi, brosur dan pemberitahuan kepada seseorang atau pasar tertentu yang berada di alamat lain atau lokasi yang berbeda. Jutaan pengiriman akan dilakukan dengan target pemasaran yang selektif dan benar-benar berpotensi serta tepat sasaran.

b. Catalog Marketing

Pengertian Catalog Marketing adalah kegiatan promosi garis besar yang umumnya dilakukan perusahaan-perusahaan dengan mengirim katalog produk kepada calon pembeli yang terpilih, dalam artian, benar-benar ingin melakukan pembelian. Saking besarnya pemasaran langsung yang satu ini, pemasar katalog bisa mengirimkan 12 milyar eksemplar dan lebih dari 8 ribu katalog yang beragam dalam satuan tahunan.

Mudhita Vanesia