Data Visualisasi
Visualisasi data terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat, didorong oleh kebutuhan akan pengambilan keputusan yang cepat dan volume data yang terus meningkat. Pertumbuhannya telah dimungkinkan oleh meluasnya teknologi cloud dan alat visualisasi yang mengisi dasbor hampir secara real time dan memungkinkan pengguna bisnis untuk berinteraksi langsung dengan data mereka, dalam beberapa kasus melalui kueri bahasa alami. Kombinasi penyimpanan data cloud dengan ketersediaan produk SaaS untuk visualisasi data telah membuka pasar baru untuk usaha kecil dan menengah. Kasus penggunaan umum visualisasi untuk perusahaan dari semua ukuran adalah dalam penjualan, pemasaran, dan manajemen inventaris.
Nilai visualisasi tidak hanya terletak pada kemampuannya untuk menyajikan data dengan cara yang lebih bermakna bagi konsumen data dan lebih mudah diserap daripada numerik, tetapi juga dalam kemudahannya memfasilitasi eksplorasi data. Banyak alat visualisasi memungkinkan pengguna untuk mengklik titik data dalam grafik atau bagan untuk mendapatkan akses ke detail tambahan. Pengguna juga dapat dengan mudah mengubah rentang tanggal atau asumsi yang telah ditentukan sebelumnya, seperti apa yang terjadi jika pengiriman produk tertunda, dan melihat dampaknya secara dinamis.
Pasar visualisasi data global adalah $9,48 miliar pada tahun 2020, menurut Emergen Research, dan diperkirakan akan tumbuh sekitar 10% per tahun hingga mencapai $20,16 miliar pada tahun 2028. Emergen Research mengutip peningkatan penggunaan berbagai jenis grafik di platform berita dan media sosial yang diakses oleh masyarakat umum sebagai salah satu pendorong tambahan untuk visualisasi data. Alat khusus yang dirancang untuk vertikal memperluas penggunaan visualisasi data di industri tertentu seperti layanan keuangan dan ritel. Ini adalah bidang yang ramai, dengan lusinan opsi, baik dari solusi BI yang berisi alat visualisasi maupun dari produk mandiri.
Data-driven aided by visualization
Meskipun perusahaan kecil sering menghadapi perjuangan berat melawan pesaing besar dan mapan, mereka sebenarnya dapat memperoleh keunggulan atas perusahaan semacam itu dengan memulai dengan berbasis data. Sebaliknya, perusahaan dengan sistem lama mungkin perlu menanggung proses yang memakan waktu dan mengganggu sebagai bagian dari transformasi digital. Odele, perusahaan rintisan baru-baru ini yang berbasis di Minneapolis, memproduksi dan menjual rangkaian produk kecantikan yang dimaksudkan untuk merampingkan jumlah produk berbeda yang perlu dibeli keluarga untuk perawatan rambut dan kulit. Daripada memiliki versi yang berbeda untuk pria, wanita, dan anak-anak, Odele merancang produk agar aman dan praktis untuk semua anggota keluarga, serta terjangkau.
Untuk selang waktu yang singkat, Odele mengandalkan spreadsheet untuk melacak penjualan dan memodelkan datanya, tetapi dengan cepat menyadari bahwa diperlukan aplikasi yang lebih kuat untuk memahami dinamika bisnisnya. Perusahaan mengidentifikasi Domo, platform aplikasi data end-to-end, sebagai solusi yang akan memberikan wawasan yang dibutuhkan perusahaan untuk mendukung pengambilan keputusannya. Setelah berhasil memasarkan produknya ke pengecer besar seperti Target, Odele ingin membangun hubungan dengan perusahaan-perusahaan ini dan pelanggan yang membeli produknya.
Prioritas tinggi adalah manajemen inventaris, karena sebagai pendatang baru di pasar, Odele menyadari pentingnya persaingan untuk menjaga produknya tetap tersedia. Domo memungkinkan Odele melacak inventaris di setiap toko dan menyesuaikan distribusi sesuai kebutuhan. Selain itu, Domo memberikan visualisasi yang mencerminkan dampak perubahan harga dan promosi. Data yang dikumpulkan dan dianalisis Odele sangat detail, memungkinkan perkiraan yang tepat. Representasi grafis dari inventaris memungkinkan Odele untuk memahami secara sekilas apa perputaran inventaris di setiap toko serta metrik dasar, seperti penjualan per toko.
“Kami ingin membuat data berfungsi untuk semua orang,” kata Ben Schein, VP keingintahuan data untuk Domo, “bukan hanya analis atau ilmuwan data, tetapi menjadikannya bagian dari kehidupan semua orang.” Untuk Domo, ini termasuk memungkinkan wawasan dari mana saja, sehingga Domo bekerja dengan mulus di perangkat seluler dan memiliki fitur yang disebut Domo Everywhere yang memungkinkan pelanggan berbagi wawasan data dengan pihak ketiga seperti vendor atau mitra. “Domo menyediakan penyerapan data, integrasi, pembersihan, dan berbagi dengan cara yang aman dan terkendali,” tambah Schein, “tetapi juga mudah diterapkan. Pengguna dapat melihat visualisasi dalam hitungan minggu.”
Selain membuat data lebih mudah dipahami, visualisasi juga memungkinkan lebih banyak eksplorasi. “Pengguna bisa jauh lebih interaktif dengan visualisasi,” kata Schein. “Mereka bisa mengklik dan melihat data yang mendasarinya, atau membuat catatan yang memicu alur kerja, atau mengintegrasikannya dengan alur kerja yang ada.” Domo juga fleksibel dalam tingkat kode yang dapat disesuaikan—kode tinggi, kode rendah, atau tanpa kode. Bagi perusahaan yang ingin mengembangkan aplikasi sendiri, Domo memiliki software developer kit (SDK) yang lengkap.