School of Information Systems

Menjawab Kenyaman Pengguna, Memberi Layanan Terbaik

Teknologi kini dapat kita temui dimanapun, hampir keseluruhan aspek dalam kehidupan telah mengimplementasikan teknologi di dalamnya. Tentu hal ini akan menimbulkan persaingan yang ketat diantara pelaku atau pekerja di bidang teknologi. Setiap pengusaha pasti akan memberikan teknologi terbaik yang mereka miliki untuk meningkatkan minat pengguna. Mulai dari berbagai fitur yang ditawarkan, harga, dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi ataupun teknologi tersebut. Untuk menjawab tantangan pasar yang seperti ini, maka pelaku teknologi pasti perlu memikirkan bagaimana cara untuk dapat bersaing di pasar bahkan menjadi pemimpin pasar. Mereka harus memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh para kompetitornya, secara sederhana untuk menjawab hal ini adalah dengan meningkatkan pengalaman serta kenyamanan pengguna menggunakan aplikasi atau teknologi tersebut. Hal ini yang akan membawa kita kepada materi kali ini yaitu mengenai user experience atau pengalaman pengguna saat menggunakan produk tersebut.

A. Pengertian User Experience

Seperti yang telah kita bahas sedikit pada pembuka di atas, secara garis besar yang dimaksud dengan user experience merupakan bentuk pernyataan dari bagaiman pengalaman yang dirasakan oleh pengguna ketika menggunakan atau terjadi interaksi dengan produk digital yang digunakan. Pengalamn ini menitikberatkan kepada bagaiman perasaan yang dirasakan pengguna, bagaimana kemudahaan yang membuat pengguna nyaman, dan bagaimana produk tersebut memang benar-benar memenuhi apa yang pengguna butuhkan. Banyak factor yang menyebabkan pengguna merasa nyaman ketika menggunakan produk digital, mulai dari disain UI yang bersahabat, berbagai menu yang tertera tidak terlalu berbelit-belit ketika digunakan, produk yang ringan ketika diakses, dan tentunya masih banyak lagi. Dan sebaliknya, banyak pelanggan tidak merasa puas dengan produk digital yang mereka miliki karena kesulitan dalam penggunaanya serta tidak sesuai dengan apa yang seharusnya mereka butuhkan.

Terkadang hal ini akan memberikan pengalaman yang buruk bagi pengguna, dan tentunya akan berpengaruh terhadap perusahaan atau bisnis itu sendiri. Adapun yang dapat terjadi ketika user experience yang diberikan buruk yaitu :

  1. Pengguna akan meninggalkan produk

Hal pertama yang tentu akan langsung berdampak pada produk dengan user experience buruk adalah banyak pengguna yang akan meninggalkan produk tersebut. Ini terjadi karena yang mendasari orang menggunakan produk kita adalah ketika mereka dapat dengan mudah memenuhi apa yang mereka inginkan dengan produk kita. Ketika user experience yang diberikan buruk, maka tentu saja hal ini akan membuat pengguna tidak tertarik lagi dengan produk yang kita miliki.

  1. Merusak reputasi

Salah satu cara marketing yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memberikan informasi kepada orang lain dari mulut ke mulut. Hal ini tentu akan berdampak negative ketika, pengalaman yang didapatkan pengguna buruk maka, pengguna tersebut dapat memberitahukan kepada orang lain, dan terus berlanjut membentuk rantai.

  1. Menghamburkan uang

Berikutnya akan terkait dengan biaya dalam pembuatan serta redesign produk. Menurut data dari Fresh Consulting, biaya yang diperlukan untuk memperbaiki user experience setelah produk itu dirilis memerlukan biaya yang lebih mahal hingga 100x daripada mempersiapkan user experience sedari awal.

  1. Kerugian bisnis

Dan terakhir tentu akan berdampak besar terhadap bisnis, tujuan dari penjualan produk digital tentunya untuk memudahkan pengguna dalam menghadapi masalah yang mereka temui, ketika pengguna merasa tidak nyaman maka ini akan menyebabkan kerugian yang akan diderita oleh bisnis.

B. Bidang Terkait User Experience

Melihat bagaimana peran penting UX dalam menjaga jalannya suatu bisnis, maka kini telah banyak bisnis yang membuka pekerjaan unntuk para desainer UX. Hal ini juga dapat kita lihat pada salah satu bidang saat ini yaitu ecommerce, bidang ini sekarang memegang peran yang besar sehingga, user experience pada bidang ini juga harus ditingkatkan. Berikut, kita akan membahas bidang yang berkaitan dengan pengembangan UX :

  1. User Interface Design

UI ini lebih difokuskan kepada Langkah mitigasi untuk hal-hal yang berkaitan dengan pengguna website seperti yang telah disebutkan.

  1. Interaction Design

Bidang ini dimaksudkan sebagai proses dalam pembuatan sebuah system yang interaktif, yang menarik bagi si pengguna website dengan suatu konsep interaksi yang telah dipikirkan dengan matang dan logis.

  1. Visual Design

Bidang desain visual biasanya akna memastikan interface atau tampilan dari website yang mana selalu berjalan selaras antara tampilan yang artistic denngan tujuan brand dari perusahaan tersebut.

  1. Content Strategy

Bidang ini berkaitan dengan penulisan dan juga kurassi terhadap konten yang tentunya dititik beratkan pada kegunaan konten tersebut bagi penggunanya. Strategi konten ini akan sangat berguna bagi bisnis terkait agar mampu menunjukkan kelebihan yang dimiliki oleh produknya.

  1. Web Analytics

Bidang terakhir yang juga berkaitan dengan UX adalah web analytics, bidang ini lebih berfokus pada pengumpulan, pelaporan, dan juga analisa data daru suatu web. Data-data ini dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana tingkat kenyamanan menggunakan desain yang ada dan berbagai halnya sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

 

C. User Experience yang Baik


Pembahasan terakhir yang akan kita bahas kali ini, yaitu mengenai tips untuk menyediakan user experience dalam produk digital yang kita miliki. Hal ini tentu didasari dengan peranan yang dimiliki UX itu sendiri, serta banyaknya kebutuhan akan ahli-ahli pada bidang user experience ini.

Yang pertama yaitu, perubahan tidak selalu baik. Terkadang dalam memulai inovasi kita berfikir harus selalu beda dan mennjadi beda dengan produk digital lainnya. Namun, pernyataan ini telah dipatahkan melihat banyaknya pesaing yang bergerak pada pasar yang sama. Untuk itu tidak heran jika kita sering melihat banyak aplikasi yang memiliki kesamaan disain ataupun fungsi, hal ini dikarenakan fungsi dari aplikasi tersebut telah berjalan dengan baik. Selain itu juga, jika kita lihat dari sisi pengguna, maka kita akan mengetahui bahwa tidak banyak pengguna yang menyukai perubahaan, ketika mereka merasa apa yang telah mereka pakai sesuai, dan menjawab permasalah mereka maka pengguna tidak suka dengan adanya perubahan. Untuk itu, ketika perusahaan akan mulai mendesain interface produk digital, maka ia harus memperhatikan apakah fitur yang tersedia perlu diperbaharui atau sudah cukup memberikan rasa nyaman untuk pengguna.

Yang kedua sekaligus yang terakhir yaitu, gunakan desain sesimpel mungkin, selalu konsisten dan tentunya responsive, selain itu, jangan sampai lupa untuk memahami keinginan serta kebutuhan bagi penggunanya. Ketika sesuatu dapat dilakukan secara sederhanan maka mengapa kita harus membuatnya menjadi rumit, hal ini sama dengan desain, ketika desain yang sederhana ternyata lebih nyaman  maka tidak perlu membuat desain yang rumit dan dapat membuat pelanggan meninggalkan produk kita. Disini focus yang kita lakukan adalah memahami keinginan dan kebutuhan penggunna, ketika kita telah dapat memahami hal ini, maka user experience dari pengguna tentunya akan ke arah positif.

Jadi dari seluruh penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bersama bahwa user experience merupakan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna ketika menggunakan produk yang kita tawarkan atau jual. Pengalaman pengguna ini akan berpengaruh besar terhadap minat dan daya beli masyarakat terhadap produk yang kita pasarkan. Untuk itu sudah sebaiknya kini, kita mulai memperhatikan bagaimana user experience dari produk yang telah kita buat. Yang mana akan menyebabkan bisnis kita berjalan lebih baik.

 

Referensi :

Haekal, M. M. (2020, May 2). User Experience (UX): Pengertian dan Tips Penerapannya untuk  Pemula [Terlengkap]. Retrieved from niagahoster: https://www.niagahoster.co.id/blog/user-experience-adalah/

Team, D. (2021, May 14). Pengertian User Experience dan Panduan Lengkapnya. Retrieved from dewaweb: https://www.dewaweb.com/blog/user-experience/

Pande Ketut Adinda Dharma Putra, Ferdianto