Kali Ini Bukan UI/UX Competition, Prestasi Kembali Ditorehkan Oleh Mahasiswa School of Information Systems Dalam Lomba Marketing Plan
14 Juli – 25 September 2022, Marketing Club on Teaching (MARCH) Universitas Negeri Semarang mengadakan lomba Marketing Plan Competition dengan tema “Optimizing the Business of Young Entrepreneurs in Digital Marketing Transformation 6.0”. Lomba ini terbagi menjadi 2 tahap, yaitu: preliminary dan final.
Tidak mau ketinggalan, member dari Information Systems Case Study Club (ISCSC) dan salah satu Mahasiswa Global Business Marketing menggunakan kesempatan ini untuk mengikuti lomba Marketing Plan Competition dengan membentuk tim yang bernama Cipher dengan beranggotakan Edward Hartanto Enrico Abadi, Lisa Mega Tanto Kusumo, dan Ovi Kosasih.
Tahapan awal yang harus dilakukan oleh Tim Cipher adalah melakukan pendaftaran melalui gdocs yang telah disiapkan oleh pihak lomba serta melengkapi administrasi yang dibutuhkan. Pada tahap penyisihan, para peserta diminta untuk membuat proposal guna menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan sub tema yang dipilih yaitu “Technopreneur”. Tim Cipher memiliki ide untuk membuat aplikasi yang bernama “Talend”. Aplikasi tersebut merupakan platform marketplace penghubung antara pelaku UMKM dengan digital talent yang meliputi influencer dan digital creative freelance. Setiap peserta lomba diminta untuk mengumpulkan proposal sesuai dengan ketentuan dan petunjuk penulisan yang ditentukan oleh pihak lomba. Berkat kegigihannya, Tim Cipher berhasil masuk kedalam 10 besar tim terbaik dan lanjut ke babak final.
Tahap presentasi dilakukan pada tanggal 24 September secara langsung di Semarang, tim Cipher telah mempersiapkan presentasi dengan matang beserta dengan kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh juri. Presentasi lomba dilakukan selama 30 menit dimana 5 menit untuk persiapan, 10 menit untuk sesi presentasi, dan 15 menit untuk sesi tanya jawab dengan juri. Tim Cipher berhasil melakukan presentasi dengan sangat baik dan penuh semangat, serta menjawab pertanyaan juri dengan baik. Hasil lomba Marketing Plan Competition akan diumumkan pada tanggal 25 September 2022.
Perasaan menegangkan dirasakan oleh tim Cipher karena dari sepuluh tim, hanya akan dipilih tiga tim pada babak final. Hasilnya? Yes! Tim Cipher berhasil memperoleh juara pertama. Selamat kepada tim Cipher, semangat dan kerja keras yang telah kalian keluarkan untuk kompetisi ini telah membuahkan hasil. Pastinya sangat mendebarkan karena kompetisi ini dilakukan secara onsite di luar kota. Kalian luar biasa!
Tidak ketinggalan, ini kesan dan pesan dari masing-masing anggota:
Lisa Mega Tanto Kusumo: “One of most unforgettable competition experience! Karena lebih sering lomba online, lomba onsite kali ini jadi belajar untuk hadapin permasalahan lomba onsite yang ga pernah diekspektasikan untuk muncul. Ga lupa, thank you untuk kak nisa & bu Hanny atas bimbingan dan kepercayaannya!”.
Edward Hartanto Enrico Abadi: “Terima kasih buat ISCSC yang bener-bener fully support kita dari awal sampai akhir di lomba ini.”.
Ovi Kosasih: “Bersyukur akhirnya menang lomba, dan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu pembiayaan dan kegiatan lomba”.