Pedoman Pembelian Jangkauan dan Frekuensi pada Facebook
Pembelian jangkauan dan frekuensi tersedia untuk sejumlah tujuan kampanye kami, namun penting untuk diperhatikan bahwa kami tidak merekomendasikannya untuk beberapa skenario tertentu. Jika tujuan Anda adalah untuk mengajak pemirsa agar melakukan tindakan tertentu, pembelian jangkauan dan frekuensi mungkin tidak ideal bagi Anda.
Kami merekomendasikan penggunaan pembelian jangkauan dan frekuensi untuk tujuan berbasis pemaparan seperti Jangkauan, Brand Awareness, dan Tayangan Video. Misalnya, jika Anda ingin agar orang-orang menonton video Anda atau lebih mengenal merek Anda, kami merekomendasikan untuk menggunakan jenis pembelian jangkauan dan frekuensi.
Kami tidak merekomendasikan penggunaan pembelian jangkauan dan frekuensi untuk tujuan berbasis tindakan seperti Traffic, Penjualan Katalog, dan Penginstalan Aplikasi. Dengan kata lain, jika Anda ingin agar orang membeli sesuatu dari situs web Anda atau menginstal aplikasi Anda, jenis pembelian lelang mungkin dapat menjadi opsi yang lebih baik bagi Anda.
Rencanakan prediksi harga
Pada saat Anda membuat kampanye dengan menggunakan jangkauan dan frekuensi, Anda setuju untuk membayar harga yang sudah ditetapkan untuk penempatan inventaris iklan yang Anda pesan. Karena harga tersebut merupakan harga prediksi, nilainya bisa mengalami fluktuasi dari hari ke hari berdasarkan hal-hal seperti musim dan kualitas iklan.
Anda dapat membuat kampanye dengan kisaran durasi 1 hingga 90 hari dan dapat menjadwalkannya hingga enam bulan sebelumnya.
Untuk kampanye jangkauan dan frekuensi, biayanya selalu berupa CPM, yang artinya Anda akan membayar biaya untuk setiap seribu impresi.
Temukan pemirsa ideal Anda
Kampanye jangkauan dan frekuensi kompatibel dengan sebagian besar kemampuan penargetan Facebook, namun terdapat sejumlah pengecualian.
- Jangkauan dan frekuensi ditujukan untuk pemirsa yang lebih besar
- Penargetan multinegara didukung
- Kami tidak merekomendasikan penargetan pengecualian di dalam kampanye jangkauan dan frekuensi
Sajikan karya terbaik Anda
Memiliki beberapa iklan dalam sebuah set iklan merupakan praktik terbaik.
Jika Anda memiliki beberapa iklan dalam set iklan Anda, sistem akan mengoptimalkan penayangan untuk iklan yang berkinerja terbaik (berdasarkan tujuan kampanye Anda). Dengan memiliki lebih dari satu iklan akan membantu meminimalkan kemungkinan penayangan yang lamban akibat iklan yang berkinerja buruk.
Setiap set iklan memiliki Anggaran, Jangkauan, Frekuensi, Penargetan, dan Penempatannya sendiri.
Jika Anda belum mengirimkan iklan pada jadwal waktu dimulainya kampanye, Anda memiliki masa tenggang untuk melakukannya sebelum set iklan dibatalkan. Durasi masa tenggang bergantung pada durasi kampanye Anda.
Durasi kampanye | Masa tenggang |
hingga 1 hari | 6 jam |
1-2 hari | 12 jam |
3+ hari | 24 jam |
Jika set iklan dibatalkan, Anda akan kehilangan harga yang ditetapkan dan jangkauan Anda.
Pilih antara penayangan standar, berurutan, dan terjadwal
Sangat cocok ketika… | Cara kerjanya | Batasan | |
Standar | Pesan materi iklan Anda tidak harus ditayangkan dengan urutan tertentu maupun pada tanggal tertentu. | Sistem akan menayangkan satu atau beberapa kampanye iklan berdasarkan iklan yang berkinerja terbaik. | Anda tidak mengontrol urutan iklan yang dilihat orang-orang maupun tanggal iklan ditayangkan. |
Berurutan | Anda ingin menayangkan beberapa iklan dalam urutan tertentu untuk menyampaikan cerita yang koheren (misalnya, orang tidak akan melihat iklan dua dalam serial Anda kecuali mereka melihat iklan pertama terlebih dahulu). | Anda menentukan urutan iklan yang Anda inginkan agar orang menikmati iklan Anda. | Penayangan didasarkan pada perilaku login, sehingga kami tidak dapat menjamin bahwa orang yang melihat iklan pertama dalam serial Anda akan melihat iklan Anda selanjutnya. |
Dijadwalkan | Anda ingin menyampaikan pesan yang berhubungan dengan hari tertentu saat iklan ditayangkan (seperti hari terakhir obral belanja atau penayangan perdana suatu acara TV baru). | Anda menentukan tanggal yang Anda inginkan agar orang menonton iklan Anda. | Orang-orang mungkin tidak melihat serial iklan secara utuh. |
Tetapkan batas frekuensi yang selaras dengan tujuan Anda
Batas frekuensi adalah jumlah maksimal berapa kali iklan Anda akan ditayangkan kepada seseorang dalam periode waktu tertentu.
Pada umumnya, pengiklan merek besar meraih keberhasilan secara maksimal ketika mereka berfokus untuk menjangkau lebih banyak orang. Mereka dapat melakukannya dengan memilih batas frekuensi yang lebih rendah (seperti satu hingga dua iklan per minggu). Merek baru yang tidak terlalu dikenal dan menjalankan kampanye dengan durasi lebih pendek dapat menciptakan kesan yang lebih kuat dengan meningkatkan batas frekuensinya guna menampilkan lebih banyak iklan kepada kelompok orang yang lebih kecil dan memaksimalkan awareness.
Misalnya:
Seorang penyanyi pop yang akan merilis album barunya akan menetapkan batas frekuensi satu hingga dua iklan per minggu, sehingga orang dapat mempelajari tentang albumnya.
Seorang DJ pendatang baru akan menetapkan batas frekuensi lima hingga enam iklan per minggu karena orang-orang masih belum mengenali “mereknya” dengan mudah.
Sumber: