School of Information Systems

7 Strategi Pengurangan dan Optimisasi Budget Teknologi Informasi

Terdapat 7 buah strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya teknologi informasi dan mengoptimasi budget teknologi informasi, yaitu:

  1. Virtualization

Proses yang dilakukan adalah mengganti physical hardware dengan virtual counterparts miliknya. Salah satu keuntungan virtualization dibandingkan dengan infrastruktur tradisional lainnya adalah maksimalisasi pengguna sumber daya server.

  1. Software-Defined Data Center

SDDC merupakan langkah selanjutnya dari virtualization, dimana penyedia layanan memberikan jaringan, storage, computing, telekomunikasi, dan fungsi IT lainnya. Ketika hal ini dilakukan, perusahaan dapat menghapus kebutuhan untuk ruang ekstra saat fase permintaan yang tinggi.

  1. Outsourcing IT Staff and Services

Berdasarkan Enterprise Systems Journal, terjadi penurunan pengeluaran sebesar 25-40% karena melakukan outsourcing. Freelancing juga membantu perusahaan kecil untuk mengurangi biaya infrastruktur IT lebih dari 50%.

  1. Outsourcing Security Services

Bekerja dengan Managed Security Service Provider (MSSP) mampu memberikan proteksi dari serangan cyber. Hal ini merupakan alternatif yang jauh lebih murah dibanding mengimplementasikan tim dan sistem keamanan in-house.

  1. Hybrid Cloud Implementation

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Vanson Bourne, perusahaan yang mengunakan cloud storage mampu menghemat:

  • 18% biaya operasional
  • 07% biaya pengeluaran total IT
  • 76% pemeliharaan IT

Untuk penyimpanan dengan keamanan yang lebih, perusahaan dapat menggunakan model hybrid cloud. Dengan model ini, perusahaan dapat mengoptimalkan distribusi pekerjaan antara lingkungan publik dan privat.

  1. Consolidating Systems to Reduce Cost

Proses ini berbicara mengenai integrasi dari beberapa proses menjadi sebuah unit. Akan terjadi penyatuan beberapa solusi IT yang dapat mengurangi pengeluaran IT.

  1. Standardize Your IT Infrastructure for Savings

Proses ini memastikan konsistensi dari beragam aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda. Salah satu contoh standarisasi yang dapat dilakukan adalah menyediakan komputer atau OS yang sama kepada semua pegawai. Jika semua pegawai menggunakan jenis yang sama, tidak akan ada yang bertanya mengenai pengoperasian aplikasi ke dalam sistem yang mana. Selain itu, akan tejadi penghematan waktu untuk mempelajari platform yang berbeda-beda.

 

Referensi

Dobran, B. IT Cost Reduction Strategy: 7 Proven Tactics to Optimize your Budget.

Laksamana Kusuma

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031