School of Information Systems

Evolusi Marketplace

Sejak terciptanya komputer pertama di tahun 1940-an dan perkembangan di internet, kita bisa berkomunikasi dan bertukar informasi secara global, Internet telah memberikan dampak revolusioner pada budaya, perdagangan, dan teknologi seperti surat elektronik, pesan instan, jejaring sosial, belanja online. Amazon dan eBay.  Inilah beberapa perusahaan multinasional yang berhasil menumbuhkan pasarnya di era internet, yaitu mengubah cara orang membeli barang dengan belanja online dan mengikuti perkembangannya yang sangat cepat di 2010-an. kita melihat sejarah bagaimana evolusi pasar di mana orang membeli barang dengan cara cara tradisional untuk online.

The Listings Era (1990-an)

Awal era digital, era adaptasi internet di mana kita belum pernah mendengar tentang situs web, penelusuran mesin, jaringan digital, teknologi 3D, Laptop, komputer terjangkau, internet of things, lahirnya Google, amazon, eBay, yahoo, dan kembalinya pekerjaan Steve di Apple tempat mereka membuat perangkat revolusioner yang mengubah industri teknologi dan cara mengakses informasi.

The Craigslist Era (2000-an)

Ini adalah era yang kita kenal sekarang, perkembangan teknologi dan adaptasi internet berkembang sangat pesat, hal ini ketika Facebook diluncurkan pada tahun 2004 secara resmi sebagai korporasi, era sosial media, kelahiran iPhone, hal-hal bagaimana kita dapat berkomunikasi secara instan, belanja online, Amazon berkembang sangat pesat dari penjualan buku online hingga penjualan hampir setiap kategori, permulaan internet era hal, gangguan pasar, bagaimana teknologi berubah hampir setiap tahun, era inovasi teknologi.

Era “Uber untuk X” (2009-Onging)

Era gangguan pasar di mana permainan inovasi dan teknologi membuat perbedaan, lahir banyak orang startup yang mengubah industri selamanya, inovasi yang mengganggu seperti Airbnb, Uber, Netflix, Tesla, Skype, SpaceX yang membentuk sejarah modern kita, ini awal dari era yang kita jalani saat ini dan kecepatannya masih berkelanjutan dengan perkembangan internet of things, teknologi 3D dan teknologi 5G baru yang dapat kita lihat banyak potensi teknologi baru dan bagaimana inovasi memainkan peran yang sangat penting dalam kemajuan, kami akan melihat apa yang dibawa oleh hal-hal ini ke masa depan.

Era Pasar Terkelola (Pertengahan 2010-an)

Kami teknologi dan internet, era pasar yang dikelola bertindak sebagai perantara layanan B to B, B to C, dan C to C, pemain besar seperti Amazon, eBay, Alibaba, Taobao, kecil, Lazada, JD.id , Shopee, di Indonesia kami punya Tokopedia.

The Future of Service Marketplace (2018-?)

Dengan industri triliunan dolar dalam ekonomi jasa dan banyak startup kecil bermain di lapangan dengan pemain besar dan kemajuan pesat platform digital dan menjadi masyarakat non-tunai di mana semuanya dapat dilakukan secara online, pembayaran digital mulai berkembang sangat cepat dan sesuai dengan pengguna, dan kita akan melihat masa depan dibentuk oleh hal-hal hari ini.

A. Raharto Condrobimo