School of Information Systems

Product Manager Harus Tau Ini! Product Requirement Document

Persyaratan minimum dari sebuah produk biasanya ditulis oleh product manager, product owner, atau business analyst. Biasanya pimpinan teknis sering kali juga terlibat serta para engineers yang akan bertanggung jawab untuk mengerjakan fitur atau peningkatan.

Dokumen persyaratan produk atau product requirements document (PRD) adalah dokumen yang mendefinisikan persyaratan produk tertentu, termasuk tujuan, fitur, fungsionalitas, dan perilaku produk. Dokumen ini berfungsi sebagai panduan bagi tim bisnis dan teknis untuk membantu membangun, meluncurkan, atau memasarkan produk.

Berikut adalah komponen yang wajib ada dalam Product Requirements Document (PRD):

  1. Tujuan/Sasaran

Bagian awal dokumen PRD adalah sasaran dan tujuan yang menggambarkan dengan jelas produk yang akan Anda buat. Ini menunjukkan kepada tim pengembangan mengapa mereka membangun produk mereka dengan menjelaskan tujuan, fitur, dan fungsi produk secara tepat.

  1. Persona Pengguna/Pengguna Target

Selanjutnya, bagian ini akan membantu menciptakan individu hipotetis yang cocok dengan yang audiens inginkan. Hal ini akan membantu untuk menentukan siapa pengguna produk tersebut. Membuat persona atau mengidentifikasi target audiens dapat membantu Product Manager memahami apa yang dapat mereka lakukan dengan produknya, kapan mereka dapat menggunakannya, dan bagaimana mereka dapat mengaksesnya.

  1. User Story

Bagian ini harus fokus pada fungsi utama yang dapat dilakukan pengguna Anda dengan produk. Cerita pengguna adalah deskripsi singkat tentang fitur yang dinarasikan dari perspektif persona pengguna Anda. Kisah pengguna akan terlihat seperti ini:

Sebagai [jenis pengguna], saya membutuhkan [tujuan tertentu] agar [alasan].

  1. Wireframes

Wireframes adalah semacam cetak biru yang menunjukkan tata letak halaman yang menguraikan ukuran dan penempatan elemen dan fitur pada halaman. Ini sangat berguna karena masalah tertentu mungkin hanya muncul ketika Anda merepresentasikan produk Anda secara visual. Anda dapat menghapus fitur ketika Anda sampai ke tahap wireframing.

  1. Kriteria Rilis

Kriteria rilis adalah daftar prasyarat yang harus dipenuhi oleh produk agar siap untuk rilis publik. Fitur terpenting dari kriteria rilis adalah bahwa hal itu perlu ditinjau dan disetujui oleh semua pemangku kepentingan internal.

References:

Josephine Samuel