School of Information Systems

Strategi Bisnis Untuk Pengembangan Restaurant di Wisata Laut

Yael Raharja, Jonathan Anson, Andreas

Persaingan dalam bisnis kuliner yang semakin ketat mengakibatkan para pengusaha bisnis kuliner mencari strategi yang tepat untuk mengembangkan usahanya. Orang- orang tergiur untuk masuk ke bisnis kuliner karena keuntungan yang dapat diambil dari bisnis kuliner sangatlah menggairahkan. Keuntungan tersebut dapat mencapai lebih dari 100% dari harga bahan yang digunakan untuk produksi. Namun, banyaknya orang yang masuk ke bisnis tersebut mengakibatkan banyak orang gagal dan hancur akibat kurangnya daya saing yang dapat diberikan. Oleh sebab itu sebelum membangun bisnis restaurant, strategi dan planning yang penting sangat diperlukan.

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa dijalankan agar usaha kuliner terutama di dekat wisata laut dapat tetap terus berkembang :

  1. Lokasi Restaurant

Dalam bisnis kuliner di dekat tempat wisata, lokasi merupakan salah satu hal yang penting untuk dipikirkan. Dapat dikatakan bahwa lokasi suatu restaurant lebih penting daripada rasa dari makanan yang dihidangkan. Karena, dengan lokasi yang strategis dan pemandangan yang indah, jumlah pelanggan yang datang untuk merasakan kuliner yang disajikan di restoran tersebut dapat meningkat secara signifikan. Untuk restaurant dekat wisata laut, lokasi dengan pemandangan pantai yang indah dan view sunset yang bagus dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Contoh: restoran di pinggir pantai, seperti Malibu Farm Pier Cafe

  1. Kualitas dan Keunikan

Hal kedua yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya saing sebuah restaurant adalah meningkatkan kualitas dan keunikan yang diberikan oleh restoran tersebut. Makanan yang bersih, sehat, dan berkualitas tentunya akan menarik lebih banyak pengunjung, terutama jika kita dapat mencari supplier yang dapat menyediakan kebutuhan tersebut dengan harga yang murah. Sedangkan keunikan makanan atau cara penyajian akan membuat orang- orang merasa penasaran dengan restaurant kita. Orang- orang cenderung ingin untuk mencoba hal yang baru, unik dan bersifat exclusive, sehingga jika restaurant kita dapat memberikan sesuatu yang unik dan dapat memuaskan rasa penasaran tersebut, maka daya saing yang kita miliki pun juga meningkat.

  1. Service yang Diberikan

Dalam mengembangkan sebuah restaurant, cara penanganan yang dilakukan oleh pelayanan terhadap pelanggan yang baik dapat meningkatkan branding sebuah restaurant. Walaupun makanan yang kita hidangkan terasa enak, tetapi jika pelayanan yang diberikan terhadap pengunjung lama, tidak ramah, dan dirasa kurang baik, pada umumnya orang tidak akan kembali ke restoran kita. Oleh sebab itu, pemberian pengalaman yang baik pada pengunjung akan menarik pengunjung untuk datang kembali dan menyarankan restoran ke orang- orang yang mereka kenal. Semakin banyak respon pengalaman positif yang didapat oleh para pengunjung di restoran kita, maka tingkat kepercayaan pengunjung akan semakin meningkat dan cenderung untuk merekomendasikan orang- orang yang mereka kenal untuk mengunjungi restoran kita.

  1. Kualitas Marketing dan Promosi

Marketing yang baik pada awal pembukaan sebagai bagian dari budget pembuatan restoran. Marketing dapat mencakup desain logo, pemilihan nama restoran, pembuatan buku menu, food photography, perlengkapan penyajian, seragam, comment card, peralatan promosi dan informasi yang digunakan : banner, iklan majalah, brosur, web, dan terutama media sosial.

Dapat dikatakan bahwa media sosial sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi salah satu cara paling cepat dan efektif untuk melakukan kegiatan promosi. Sebagai contoh di film yang berjudul CHEF (2014) yang dibintangi oleh Jon favreau yang mengisahkan tentang jatuhnya karir sang kepala koki restoran yang hanya melontarkan kata-kata yang tak pantas kepada kritikus makanan melalui akun twitter nya hingga berhasil bangkit kembali ketika membuka usaha makanannya yang dipromosikan melalui media sosial twitter.

Selain itu media sosial adalah media marketing yang sangat besar dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Reference

1.www.unileverfoodsolutions.co.id/id/inspirasi-chef/agar-restoran-lebih-populer/pelayanan-terbaik-kunci-sukses-restoran-anda.html

2.https://pengusahamuslim.com/4569-bikin-restoran-ramai-pengunjung-inilah-tipsnya.html

Verent Angelia