10 social media structures – Part 3
Perkembangan social media membuat kita untuk lebih mengenal social media agar kita dapat melakukan interaksi social di internet atau bahkan kita dapat menggunakan social media untuk melakukan promosi produk / jasa.
Artikel ini memperkenalkan 10 struktur media social yang dapat memandu strategi media sosial Anda untuk melibatkan pengguna media sosial, termasuk pencarian, profil, pesan / obrolan, komentar, koneksi ke grup / orang, seperti / peringkat, bagikan, tautan, iklan, dan katalog konten (No 1 – 6 sudah dibahas pada artikel sebelumnya) :
7. Sharing
Fitur sharing / membagikan cukup popular saat ini diberbagai sosial media. Fitur ini biasa digunakan oleh pengguna yang ingin membagikan hasil unggahan seseorang yang dianggap menarik tanpa harus repot – repot melakukan copy paste content secara manual. Selain itu untuk menjaga hak cipta content, fitur membagikan ini cukup penting agar orang tahu siapa yang membagikan content tersebut.
Kita dapat melihat beberapa contoh fitur membagikan seperti di Instagram, Facebook, Twiter (dengan fitur retweeet) atau bahkan spotify dan youtube dengan fitur membagikan ke social media lain seperti facebook dan Instagram.
8. Links
Tautan / Links adalah komponen struktural dasar dari semua situs web. Ini merujuk pada teks atau gambar pada situs yang, ketika diklik, mengarahkan orang ke tempat lain secara online. Tautan memungkinkan pengguna untuk memilih tidak hanya konten apa yang akan diungkapkan, tetapi juga urutan dan kecepatan pengiriman konten. Audiens Anda dapat mengunjungi situs web hanya karena mereka telah terkena hyperlink utama. Sementara hyperlink memberi pemirsa cara navigasi yang nyaman. Materi daring, mereka juga dapat mengubah cara perhatian didistribusikan (mis., arahkan perhatian mereka ke berbagai halaman internal dengan menyediakan sebagian besar tautan ke sumber internal).
Penting untuk memahami bagaimana hyperlink berpengaruh terhadap proses penelusuran online. Misalnya, Anda mungkin berencana untuk memeriksa Facebook dengan cepat sebelum makan malam. Namun, sama seperti Anda mulai menjelajah melalui halaman umpan berita umum, Anda melihat bahwa salah satu teman Anda memposting 20 foto pernikahan. Anda mengklik tautan untuk melihat foto-foto ini. Sementara melihat foto-foto ini, Anda melihat bahwa salah satu gambar menandai teman yang baik yang sudah lama tidak Anda lihat. Kemudian, Anda mengklik tautan untuk melihat apa yang telah ia lakukan.
Di halaman Facebook-nya, Anda temukan tidak hanya status / aktivitas terbarunya, tetapi juga resep untuk ayam jagoan, jadi Anda klik tautan dan unduh resepnya. Di akhir resep, situs web menyediakan tautan untuk beberapa resep lain dan tips gaya hidup sehat, yang semuanya terdengar sangat menarik. Sebelum Anda tahu itu, dua jam hari Anda hilang. Hyperlink adalah cara terbaik untuk menjaga pemirsa Anda membaca lebih banyak, tetapi juga dapat mengalihkan mereka dari konten awal di mana mereka tertarik.
9. Advertising
Periklanan adalah bentuk rekomendasi yang lebih tradisional. Media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest, telah ditandai untuk memberikan keterlibatan merek yang sangat baik dan peluang pengembangan. Peneliti menyarankan agar iklan Web berpotensi mempengaruhi jumlah kesadaran bahwa setiap pesan / produk menarik.
Konsumen Anda harus belajar tentang keberadaan produk / pesan media sosial Anda sebelum mereka dapat memilih untuk menggunakannya. Kesadaran menentukan batas untuk audiens pilihan media anda Ini membantu menjelaskan mengapa hamper 90% situs media sosial terhubung ke Facebook dan Twitter untuk meningkatkan kesadaran. Di online lingkungan, audiens Anda sengaja atau tidak sengaja terkena iklan banner, popup iklan, tautan berbayar, dan pesan iklan tidak langsung lainnya seperti konten yang disponsori, dipromosikan tweet, atau tautan bayar per klik Google, sesuatu yang seharusnya meningkatkan kesadaran audiens Anda dan membimbing arus konsumen ke pesan / produk Anda.
10. Catalog of content
Katalog konten adalah struktur yang mirip dengan hyperlink, tetapi berfungsi lebih sebagai peta jalan di dunia online dan membantu mengklasifikasikan konten di Web. Banyak situs media sosial menyediakan katalog untuk mengatur konten mereka dan menawarkan kepada pengguna tujuan berbelanja informasi satu atap.
Katalog konten sangat berguna untuk audiens Anda dengan keterampilan internet yang terbatas dan / atau mereka yang memiliki sedikit pengetahuan dan pengalaman dengan situs Anda. Menghadapi meluap-luap informasi di media sosial, audiens Anda semakin tergantung pada struktur untuk memulai navigasi. Katalog konten bisa sangat efektif dalam mengarahkan pengguna.
REFERENSI
Strategic Social Media: From Marketing to Social Change, First Edition. L. Meghan Mahoney and Tang Tang. John Wiley & Sons, 2017