School of Information Systems

SEM : Rahasia dalam meningkatkan keberhasilan dari pemasaran produk di era digital

Penggunaan internet pada era digital sekarang sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, Oleh karena itu berkembangnya juga strategi dalam pemasaran produk di era digita ini salah satu contohnya penggunaan SEM. Search Engine Marketing atau yang dikenal dengan singkatan dari SEM  adalah sebuah cara untuk meningkatkan visibilitas dari suatu produk yang dipasarkan dengan menggunakan media search engine seperti contohnya Google. Penggunaan SEM ini dapat membantu meningkatkan pemasaran karena penggunaan SEM ini seperti membeli suatu layanan iklan agar dapat muncul dibagian atas pada tampilan website. Sehingga produk – produk yang ditawarkan akan lebih mudah terlihat oleh para pengguna website. Berikut ini beberapa manfaat dalam penggunaan SEM untuk meningkatkan pemasaran produk di era digital. 

  • Kontrol yang lebih fleksibel 

Para pengguna dari SEM mempunyai kontrol yang fleksibel karena dapat menyesuaikan penjadwalan iklan dan kata kunci dari produk.  

  • Dapat meningkatkan penjualan secara real time 

Dengan kemampuan untuk meningkatkan visibilitas dari suatu produk, SEM ini dapat meningkatkan penjualan secara realtime karena SEM ini langsung memasarkan produk kepada pengguna yang sedang mencari produk tersebut. 

  • Dapat meningkatkan CTR yang lebih tinggi 

CTR atau Click Through Rate adalah sebuah informasi dari iklan dengan menunjukan seberapa jumlah iklan sering ditekan, Dengan menggunakan SEM ini iklan dari pemasar akan mempunyai tingkat CTR yang lebih tinggi. 

  • Dapat meningkatkan visibilitas tinggi 

Sesuai dengan tujuan dari SEM itu sendiri untuk meningkatkan visibilitas dari produk sehingga Produk dari pemasar akan langsung tertera diatas halaman website sehingga visibilitas dari produk akan tinggi. 

  • Kesesuaian target dari produk yang meningkat 

Dengan menggunakan SEM para pemasar dapat menentukan kata kunci dari setiap produk yang ingin dipasarkan sehingga tingkat dari kesesuaian target produk dapat meningkat. 

Sumber : https://sekawanstudio.com/blog/search-engine-marketing/  

Muhammad Rafli