School of Information Systems

Mengenal Sistem Informasi Akuntansi beserta manfaatnya

Era perkembangan teknologi sekarang banyaknya penggunaan teknologi yang bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam bidang operasional maupun keuangan, salah satu contoh perkembangan yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengatur keuangannya adalah Sistem Informasi Akuntansi. Sistem Informasi Akuntansi atau AIS ( Accounting Information System ) adalah sebuah gabungan komponen – komponen dari teknologi dengan akuntansi untuk mengelola data keuangan perusahaan.  

Sistem informasi akuntansi mempunyai fungsi untuk mengintegrasikan suatu informasi dengan teknologi yang sesuai dengan prinsip dari dasar – dasar akuntansi, tujuan utama dari penggunaan sistem informasi akuntansi ini dalam perusahaan adalah memudahkannya dalam pengolahan informasi yang menyangkut dengan akuntansi perusahaan. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan agar dapat lebih mudah untuk melakukan pencatatan keuangan. Dengan proses komputerisasi yang pesat dan perkembanganya sistem informasi pada perusahaan menjadi luas terdapat beberapa manfaat penerapan Sistem informasi akuntansi pada perusahaan, yaitu :  

  • Pengolahan Informasi keuangan perusahaan menjadi lebih baik, Sistem informasi akuntansi dapat mempengaruhi pengolahan data keuangan, karena dalam penerapannya menggunakan beberapa tools yang dapat membantu proses data keuangan sehingga hasil data olahan keuangan akan lebih cepat dan akurat. 
  • Dapat meningkatkan efisiensi keuangan perusahaan, Dengan menerapkan sistem informasi akuntansi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi biaya operasional itu sendiri, Karena penggunaan sistem informasi akuntansi ini akan membuat data keuangan dari perusahaan akan lebih mudah terorganisir.  
  • Akurasi dalam pencatatan laporan keuangan perusahaan, Penerapan dari Sistem Informasi Akuntansi membuat perusahaan mempunyai akurasi data laporan keuangan yang baik, Karena sistem informasi akuntansi ini akan memproses data laporan keuangan menjadi lebih terstruktur sehingga perusahaan akan lebih mudah dalam mengambil rencana atau keputusan di masa yang akan datang. 

Kesimpulannya dalam menerapkan Sistem informasi akuntansi pada perusahaan maka dalam bidang keuangan perusahan akan baik dan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan keuangan. Sistem Informasi Akuntansi bukan hanya sekedar dari tools yang dapat membantu perusahaan tetapi dapat dijadikan sebagai fondasi untuk menganalisis keuangan perusahaan sehingga akan memudahkannya proses akuntansi menjadi lebih efektif.

Sumber : 

https://ppmschool.ac.id/sistem-informasi-akuntansi/#:~:text=Mendukung%20Pengambilan%20Keputusan%20yang%20Tepat,membuat%20keputusan%20yang%20lebih%20baik 

https://e-journal.uajy.ac.id/4863/1/JURNAL%20KARYA%20ILMIAH.pdf  

https://primakara.ac.id/blog/tips-kuliah/sistem-informasi-akuntansi-adalah  

Muhammad Rafli

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031