School of Information Systems

Perbandingan Model AI Gemini dan ChatGPT

Gemini adalah model artificial intelligence (AI) terbaru yang dikembangkan oleh Google dan DeepMind untuk bersaing dengan GPT-4 OpenAI dalam hal kinerja dan kemampuan. Meskipun kedua model tersebut merupakan contoh “Generative AI” yang dapat menemukan pola untuk menghasilkan data baru (gambar, kata, atau media lain), namun ChatGPT lebih berfokus pada teks dengan menggunakan Large Language Model (LLM). Berikut ini adalah perbedaan fitur utama dari AI Gemini dan ChatGPT:  

A. Architecture 

AI Gemini dengan arsitektur Multimodal yang mengintegrasikan teks dan gambar agar interaksi lebih dinamis dan jangkauan aplikasi yang lebih luas dalam hal Natural Language Processing (NLP). Lalu, OpenAI ChatGPT dengan arsitektur Unimodal yang hanya berfokus pada teks dan dirancang untuk berbagai aplikasi teks dalam menangani Natural Language Processing (NLP). 

B. Performance 

AI Gemini lebih cepat dan akurat dibandingkan OpenAI ChatGPT, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan. Namun, OpenAI ChatGPT juga menawarkan pembuatan teks yang cepat dan akurat dengan memberikan respons yang koheren dan sesuai konteks. 

C. Techniques 

Teknik yang digunakan AI Gemini adalah teknik pemecahan masalah yang terinspirasi dari AlphaGo, sehingga memungkinkan perencanaan tingkat lanjut dalam tugas-tugas kompleks. OpenAI ChatGPT menggunakan pembelajaran mendalam untuk pemrosesan teks dan karenanya efektif untuk berbagai tugas Bahasa. 

D. Creativity 

AI Gemini dirancang untuk melampaui batasan data pelatihan yang bertujuan untuk memberikan respons yang inovatif dan imajinatif. Dibandingkan dengan AI Gemini, OpenAI ChatGPT hanya akan merespons terbatas pada cakupan data pelatihannya.  

E. Development 

AI Gemini merupakan sebuah proyek DeepMind yang masih dalam pelatihan lebih lanjut dan diharapkan dapat memperkenalkan kemajuan inovatif dalam AI setelah dirilis. OpenAI ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI dan telah mengalami beberapa kali iterasi untuk meningkatkan kemampuannya.  

Dari OpenAI ChatGPT hingga Gemini AI Google akan sangat membantu di berbagai aspek kehidupan dan bidang seperti dalam hal menyusun email, postingan blog, postingan media sosial, deskripsi produk, dan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengikuti perkembangan terkini untuk memanfaatkan potensi penuh dari teknologi tersebut yang sedang berkembang. Kedua AI tersebut memiliki interface dan fungsionalitas yang sangat mirip dalam menangani sebagian besar pertanyaan dan tugas yang diberikan. Namun, masing-masing AI tersebut memiliki kelebihan, diantaranya:  

OpenAI ChatGPT  AI Gemini 
Memberikan gambaran menyeluruh, termasuk asal usul, fungsi, teknologi yang mendasarinya, dan kasus penggunaan tertentu.  Berfokus pada poin-poin penting, sehingga lebih mudah diakses oleh umum dan lebih menarik 
Mempertahankan sudut pandang obyektif, menampilkan kekuatan dan keterbatasan model.  Menekankan keunggulan spesifik setiap model untuk tujuan yang berbeda. 
Mengorganisasikan informasi secara logis, membuatnya lebih mudah untuk memahami perbedaan mendasar.  Konten lebih sederhana, namun poin-poin pentingnya tetap ada 

Source: 

https://medium.com/@InnovateForge/how-does-gemini-compare-to-other-ai-models-in-terms-of-performance-and-capabilities-a2e5d15329e5 

https://www.ptcnews.tv/science-and-technology/how-is-google-gemini-different-from-other-ai-models-check-out-its-key-features-735555 

https://emeritus.org/blog/gemini-ai-vs-chatgpt/ 

https://thectoclub.com/news/chatgpt-vs-gemini/ 

Nur Anisa

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031