School of Information Systems

3 Peran Penting dalam Metode SCRUM

Sebelum kita membahas peran penting apa saja yang terdapat dalam metode SCRUM, mari kita simak terlebih dahulu pengertian dari SCRUM itu sendiri. Pada dasarnya SCRUM merupakan salah satu metode pengelolaan proyek yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak dan manajemen proyek itu sendiri. Scrum menekankan pada kerja kolaboratif, fleksibilitas, dan adaptabilitas terhadap perubahan yang terjadi selama proses pengembangan. 

Pada dasarnya, dalam metode Scrum, proyek dibagi menjadi serangkaian iterasi yang disebut “sprint“. Setiap sprint biasanya berlangsung antara satu hingga empat minggu. Setiap sprint dimulai dengan perencanaan, diikuti oleh periode pengerjaan, dan diakhiri dengan ulasan dan retrospektif. 

Dalam metode Scrum, terdapat tiga peran penting yang berperan dalam memastikan kelancaran dan keberhasilan proyek. Ketiga peran tersebut adalah: 

1.Product Owner 

Product Owner memiliki peran yang bertanggung jawab atas keberhasilan produk yang dikembangkan oleh tim Scrum. Tugas utamanya adalah mewakili kebutuhan pengguna dan pemangku kepentingan (stakeholders), mengelola Product Backlog (daftar prioritas fitur dan pekerjaan yang harus dilakukan), serta membuat keputusan strategis terkait dengan arah pengembangan produk. Product Owner juga harus berkolaborasi secara aktif dengan tim pengembang untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan sesuai dengan visi dan kebutuhan yang diinginkan. 

2.Scrum Master 

Scrum Master sebagai fasilitator dan pemimpin tim yang bertanggung jawab untuk memastikan penerapan metodologi Scrum dengan benar. Tugas utamanya adalah untuk membantu tim dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip, praktik, dan aturan Scrum. Scrum Master juga bertanggung jawab untuk menghilangkan hambatan-hambatan yang menghambat kemajuan tim, memfasilitasi pertemuan-pertemuan seperti Sprint Planning, Daily Stand-up, Sprint Review, dan Sprint Retrospective, serta membantu tim untuk meningkatkan kinerjanya secara berkelanjutan. 

3.Tim Pengembang 

Tim Pengembang terdiri dari individu atau anggota tim yang secara kolektif bertanggung jawab untuk mewujudkan visi produk dan menyelesaikan pekerjaan yang dipecah menjadi tugas-tugas dalam setiap Sprint. Tim pengembang bekerja secara kolaboratif dan mandiri untuk mencapai tujuan sprint, menggunakan prinsip-prinsip Scrum untuk mengelola pekerjaan mereka. Mereka berpartisipasi dalam semua kegiatan Scrum, termasuk perencanaan sprint, pertemuan harian, dan ulasan sprint, dan retrospektif  sprint. 

Selama sprint berlangsung, maka tim akan mengadakan pertemuan harian singkat yang disebut “stand-up” untuk berbagi update, menginformasikan progres, dan mengidentifikasi hambatan yang mungkin menghambat kemajuan. Scrum juga memiliki artefak-artefak yang membantu dalam mengelola proyek, termasuk Product Backlog (daftar kebutuhan produk), Sprint Backlog (daftar tugas yang harus diselesaikan selama sprint), dan Increment (hasil kerja yang siap untuk dirilis setelah setiap sprint).

Monica Putri Mutiara

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031