School of Information Systems

PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DATA SAMPAH 1

Justification

Justification merupakan pengukuran terhadap business requirements sehingga dapat teridentifikasikan suatu pembangunan proyek yang baru. Tahap Justification meliputi:

Business Case Assessment

Business Case Assessment yang diperoleh dari analisa untuk membangun BI kenaikan sampah :

1. Access to Information

Informasi diperoleh dari data setiap tipe sampah.

2. Business Drivers and Sponsorship

Untuk analisa ini memiliki pihak eksekutif yang dapat mendukung proses pembuatan dan perancangan dashboard.

3. Readiness Assessment

a. Kesiapan eksekutif dalam menerapkan BI.

b. Kesiapan eksekutif dari segi hardware dan software juga menjadi salah satu pengukuran kesiapan

4. Risks

a. Apa saja resiko BI dalam pengambilan keputusan?

1. BI Tools tidak bertahan dalam jangka waktu yang Panjang.

2. Resistensi dari dalam pemerintah untuk diubah.

3. Kualitas Data yang kurang signifikan

4. Ruang lingkup kehilangan momentum

5. Kekeliruan dalam menempatkan anggota tim.

b. Resiko tidak dibangunnya sebuah lingkungan BI sebagai pembantu pengambilan keputusan adalah: (1) di dalam kelompok biasanya anggota memiliki sistem dan perannya masing masing dalam menghasilkan dan menyimpan data.(2) Penggunaan yang tidak tepat atau pemahaman yang salah terhadap laporan atau visualisasi data dapat mengarah pada kesalahan dalam pengambilan keputusan.

5. Return on Investment

Analisa Return on Investment tidak dilakukan dalam penelitian ini.

Analisis Sistem Berjalan

Sampah yang dihasilkan hasilkan biasanya dibuang di tempat sampah kemudian dibawa ke tempat penampungan sementara (TPS). TPS, gitu H. lokasi sebelum sampah diangkut ke fasilitas daur ulang, pengolahan dan/atau pengolahan sampah terpadu. Sampah tersebut dikumpulkan oleh TPS dan dibawa ke TPA oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan menggunakan truk sampah. TPA adalah tempat pengolahan sampah dan dikembalikan ke lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan. Pengelolaan sampah di Indonesia dibagi menjadi dua bagian yaitu pengolahan sampah domestik dan rumah tangga, pengolahan sampah khusus.

Kebutuhan Bisnis Sampah di Indonesia

Perusahaan pembuangan limbah berusaha untuk mendaur ulang limbah dengan cara terbarukan. Padahal, menjaga dan membersihkan lingkungan adalah tujuan utama pengelolaan sampah. Dan juga seharusnya

Sasaran Aplikasi Business Intelligence

Dashboard business intelligence akan menyajikan Volume Sampah, Komposisi Sampah, Tingkat Daur Ulang, Indikator Keberlanjutan. untuk setiap provinsi/kota. Serta dapat membantu pihak eksekutif dalam pemutusan keputusan dan merancang strategi dengan cepat dan tepat.

Planning

Perencanaan intelijen bisnis harus memiliki rencana. Pada partisipasi komersial, ruang lingkup proyek dan analisis biaya-manfaat. Tidak ada analisis biaya-manfaat yang dilakukan dalam penelitian ini. Analisis ini baru dilakukan setelah BI diimplementasikan langsung di lingkungan nyata. Cetak biru pembangunan BI dalam pembuangan dan pengelolaan sampah yang diperoleh dari analisis meliputi:

Evaluasi Enterprise Infrastructure

Disini peneliti melakukan evaluasi ketersediaan infrastruktur tempat pembuangan dan pengelolaan sampah yang menunjang keberhasilan implementasi Business Intelligence.

Non Technical Infrastructure Evaluation

Nontechnical infrastructure mengevaluasi infrastruktur non teknis yaitu Entity Relationship Diagram (ERD).

Evaristus Didik Madyatmadja

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031